KEBEBASAN DALAM KEBERAGAMAN

Johanis Risambessy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pelaksanaan pendidikan demokrasi pada SMA Kolese De  Britto  Yogyakarta. Penelitian  ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, romo, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pendidikan demokrasi dilihat dari segi konteks, sekolah memunyai sistem pendidikan demokrasi yang sudah ada sejak dulu, dari segi input, sekolah mendukung pelaksanaan pendidikan demokrasi dalam pelbagai aspek, seperti kurikulum, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan kegiatan sekolah, dari segi proses, terlihat dalam aturan sekolah, sistem kepemimpinan, proses pembelajaran, dan aktivitas keseharian yang mengintegrasikan Paradigma Pedagogi Ignaisoan dalam seluruh kehidupan sekolah, dan dari segi produk, sekolah memunyai pelbagai prestasi baik secara akademik maupun non akademik.

 

Kata kunci: demokrasi, kolese de britto, pendidikan demokrasi


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v5i2.9909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.