PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Manajemen di SMA Negeri 1 Cikarang Utara)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided discovery dan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah karena rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. metode pembelajaran guided discovery menekankan pada mengkontruksi pengetahuan melalui penemuan sedangkan metode problem solving menekankan pada mengkontruksi pengetahuan pembelajaran melalui pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperiman dengan desain penelitian nonequivalent control group design . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Cikarang Utara dan sampel sebanyak 93 Orang. Analisis data menggunakan SPSS versi 21 dengan pengujian hipotesis melalui statistik parametrik, uji perbedaan rata-tata (paired sample t-test) dan Analysis of variance. Hasil penelitian yang diperoleh pengaruh metode guided discovery berbeda dengan pengaruh metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IIS 3. Pengaruh metode problem solving berbeda dengan pengaruh metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IIS 4. pengaruh metode guided discovery berbeda dengan pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT. Refika Aditama.
Astuti, W., Handoyo, B., dan Mustofa. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi-Is Ma Muhammadiyah 2 Paciran. Jurnal Online. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelF492449030581FE6874A4A6DF689A273.pdf.
Budiana, I., Sudana, D., dan Suwatra, I. (2013). Pengaruh Metode Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V SD. Jurnal Online. Tersedia di http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiKq7m54cbKAhVSHo4KHUaIAzEQFghrMAk&url=http%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJJPGSD%2Farticle%2Fdownload%2F816%2F689&usg=AFQjCNFwMHrB1OxUPk7eOtbwx3tVkbyS4w&sig2=7YDL_Q3UhWiBt8Zh0LEF3Q&bvm=bv.112454388,d.c2E
Dahar, R.W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Filsaisme, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Fitriyanti. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Siswa. Jurnal Online. Tersedia di https://vianaurani.files.wordpress.com/2011/07/pembelajaran-ekonomi-studi-eksperimen1.pdf.
Khoirunissa, Achmad, A., dan Yolida, B. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning. Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal online. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=328067&val=7233&title=PENGARUH%20METODE%20DISCOVERY%20LEARNING%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA.
Njoo, M& de jong. (1993). Exploratory Learning With A Computer Simulation For Control Theory: Learning Processes And Instructional Support. Journal of research in science teaching, 30, 821-844.
Octanarlia, V., Jalmo, T., dan Yolida, B. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik; Vol 3, No 10 (2302-1276).
Sutarno. (2013). Pengaruh Penerapan Praktikum Virtual Berbasis Problem SolvingTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Semirata FMIPA Univ: Lampung.
DOI: 10.15408/sd.v6i1.7129
Refbacks
- There are currently no refbacks.