Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Assure Berbantuan Media Quizwhizzer Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Sma Negeri 12 Banda Aceh

Dyah Rahmani Purnomowati, Ahmad Nubli Gadeng, Susi Marlinda, Muhammad Al-Farisy

Abstract


Model pembelajaran ASSURE adalah langkah sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran di ruang kelas dengan memadukan penggunaan teknologi dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ASSURE berbantuan media Quizwhizzer terhadap hasil belajar geografi siswa  SMA Negeri 12 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Qurasi Experiment (Eksperimen Semu) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 154 siswa dengan pengambilan sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purposive sampling dari lima kelas yang tersedia. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPAS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPAS 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 1,71 > ttabel = 1,610 yang berati Ha terima yang berarti dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model ASSURE berbantuan media Quizwhizzer lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model ASSURE berbantuan media Quizwhizzer pada mata Pelajaran geografi di kelas X SMA Negeri 12 Banda Aceh.


Keywords


Model Pembelajaran, Assure, Quizwhizzer, Hasil Belajar, Geografi

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v11i2.41365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.