Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Pelayanan Mutasi Siswa Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik
Abstract
Pelayanan publik merupakan segala bentuk jasa pelayanan yang disediaakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masayrakat dan mewujudkan keadilan sosial. Salah satu pelayanan yang diselenggarakan oleh pemerintahan dalam bidang pendidikan adalah pelayanan mutasi siswa yang dilaksanakan langsung oleh Dinas Pendidikan. Penelitian ini berlokasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi Dinas Pendidikan dalam meningkatkan pelayanan mutasi siswa dengan menggunakan teori Manajemen Strategi oleh Fred R David (1998) dalam Purwanto .B & Muhammad N (2021:38). Menurut Fred R David (1998) dalam proses manajemen strategi terdapat 3 tahapan yaitu, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengn teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik dalam meningkatkan pelayanan mutasi siswa memiliki 3 strategi yakni, strategi kebijakan, strategi inovasi program dan startegi peningkatan kompetensi pegawai. Dalam melaksanakan pelayanan melaluiĀ strategi- strategi tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik cukup baik dengan bukti meningkatnya indeks kepuasan masyarakat.
Keywords
DOI: 10.15408/sd.v11i2.41248
Refbacks
- There are currently no refbacks.