Pemanfaatan Teknik Kerjasama Kolaboratif pada Mata Pelajaran Ekonomi Guna Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa

Ratna Tiharita

Abstract


Abstract :

There are many problems arise in learning proccess. It can be derived from human resources itself, teacher or student, infrastructure, methods, learning techniques which are less attractive. Learning techniques have an important role because it is able to develop the students’ potential. Critical thinking is a gift of God Almighty given to mankind for improvement in their lives. Therefore, critical thinking should be explored. There are a variety of learning techniques, but not always in accordance with the learning techniques of teaching materials. In the hope of critical thinking can be developed through the collaborative work techniques. In this case, intelligence is needed to make a teacher effective learning. Utilization engineering collaborative work on economic subjects is expected to be an alternative. This paper will discuss the urgency of what techniques utilizing collaborative work to improve students’ critical thinking. Keywords: technical cooperation collaborative; subjects economics; critical thinking.

 

Abstrak:

Banyak permasalahan muncul dalam pembelajaran. Hal ini dapat berasal dari sumber daya manusianya itu sendiri, yakni guru atau siswa, sarana prasarana, metoda, atau dari teknik pembelajaran yang kurang menarik. Teknik pembelajaran memiliki peran penting karena mampu menumbuhkembangkan potensi siswa. Berfikir kritis merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada manusia untuk perbaikan dalam kehidupannya. Maka dari itu, berfikir kritis harus dieksplorasi. Ada beragam teknik pembelajaran, namun tidak selalu teknik pembelajaran sesuai dengan materi ajar. Di harapkan berfikir kritis dapat dikembangkan melalui teknik kerjasama kolaboratif. Dalam hal ini, Kecerdasan seorang guru diperlukan guna menjadikan pembelajaran efektif. Pemanfaatan teknik kerjasama kolaboratif pada mata pelajaran ekonomi diharapkan dapat menjadi alternatif. Makalah ini akan membahas tentang apa urgensinya memanfaatkan teknik kerjasama kolaboratif guna meningkatkan berfikir kritis siswa.

Pengutipan: S. Tiharita, R. (2016). Pemanfaatan Teknik Kerjasama Kolaboratif pada Mata Pelajaran Ekonomi Guna Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(1), 2016, 9-16. doi:10.15408/sd.v3i1.3793.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/sd.v3i1.3793


Keywords


(Technical cooperation Collaborative; Subjects Economics; Critical thinking). (Teknik kerjasama Kolaboratif; Mata Pelajaran Ekonomi; berpikir Kritis).

References


Depdiknas. (2003). Undang- undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

-------------, (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Pertama. Jakarta: Balai Pustaka.

Fadjar, M. (2001). Pendidikan Sebagai Praksis Pendidikan Bangsa. Makalah Seminar UPI Tidak diterbitkan. Bandung: UPI

Gintings, Abdorrakhman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran (Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen). Bandung: Humaniora.

Isjoni. (2010). Coopertif Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. (2005). Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Riduwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naisbitt, J. (1995). Mega Trend Asia- Delapan Mega Trend Asia yang Mengubah Dunia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, Ading. dkk. (2005). Ekonomi Untuk SMP Kelas VII. Bandung: CV Regina.

Yusron, Narulita. (2005). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan praktik). Bandung: Nusa Media.

--------------------, (2012) Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusamedia.

http://www.gurukelas.com/2011/06/belajar-kolaboratif-collaborative-earning.

http://bakulilmu.blogspot.com/2012/07/cooperative-and-colaborative learning.html. 18.38.

http://www.pendis.kemenag.go.id/pai/file/dokumen/Sisdiknas UU No.20 Tahun 2003. pdf.03.26

http://penelitiantindakankelas.blogspot.co.id/2012/12/10-definisi-berpikir-kritis.html


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v3i1.3793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.