Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS (Studi Kasus Kelas VIII MTsN 1 Kota Tangerang Selatan

Erika Hidayati, Anissa Windarti, Andri Noor Ardiansyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS dikategorikan tidak efektif, dapat dilihat berdasarkan pada indikator efektivitas pembelajaran menurut Slavin yaitu  mutu pengajaran, tingkat pengajaran yang tepat, insentif dan waktu yang harus saling berkesinambungan antara satu dengan lainnya agar dapat dinyatakan efektif. Semua aspek atau indikator dari efektivitas saling berkesinambungan antara satu dengan lainnya dan telah memenuhi kriteria untuk dinyatakan efektif

Kata Kunci: Efektivitas, Microsoft Teams, Media Pembelajaran   

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of using Microsoft Teams as a learning medium in social studies subjects. This research was conducted at MTsN 1 South Tangerang City. The research method used is descriptive qualitative with data analysis techniques Miles and Huberman consisting of data reduction, data presentation and conclusions or verification. The instruments used in this research are observation, interview and documentation guidelines. The results of this study indicate that the use of Microsoft Teams as a learning medium in social studies subjects is categorized as ineffective, it can be seen based on the indicators of learning effectiveness according to Slavin, namely the quality of teaching, the right level of teaching, incentives and time that must be mutually sustainable with one another in order to achieve success. declared effective. All aspects or indicators of effectiveness are mutually sustainable with each other and have met the criteria to be declared effective

Keywords: Effectiveness, Microsoft Teams, Learning Media


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v9i2.28883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.