Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Modal Sosial Peserta Didik

Septiani Resmalasari

Abstract


Adanya kemunduran terhadap nilai-nilai, norma didalam kehidupan masyarakat hingga pada generasi muda seperti mabuk-mabukan, perkelahian ketika ada acara music, mabuk-mabukan, pencurian, begal dan kejahatan lain di masyarakat. Dalam generasi muda khususnya dikalangan siswa di sekolah seperti tawuran, nakoba, bully, pergaulan bebas, tidak menghormati guru, tidak disiplin, dan lain-lain. Tujuan penelitian adalah mengethaui konstribusi lingkungan sekolah terhadap perkembangan modal sosial peserta didik. Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan adalah angket kepada responden. Adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap modal sosial siswa SMPN di kabupaten Pandeglang. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap modal sosial adalah 0,05 %. Dengan tingkat signifikansinya dilihat dari table lebih kecil dari 0,05 sehingga lingkungan sekolah signifikan terhadap modal sosial.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v9i1.24934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.