COGNITIVE APPRENTICESHIP BERBANTUAN VIDEO PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ADAPTIF MAHASISWA

Authors

  • Rina Oktaviyanthi Universitas Serang Raya
  • Usep Sholahudin Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.15408/sd.v8i1.21040

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran adaptif antara mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan cognitive apprenticeship baik yang berbantuan video maupun tidak dan pembelajaran konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan the static-group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu mahasiswa semester empat di Universitas Serang Raya yang mengambil mata kuliah Matematika Ekonomi. Tiga kelas penelitian digunakan sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Ketiga kelas tersebut yakni kelas eksperimen 1 yang mengimplementasikan pendekatan pembelajaran cognitive apprenticeship berbantuan video, kelas eksperimen 2 yang menerapkan pendekatan pembelajaran cognitive apprenticeship dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan terjadinya penolakan H0 yang mengindikasikan adanya perbedaan rata-rata capaian dan perbedaan N-Gain kemampuan penalaran adaptif di ketiga kelas. Perbedaan tersebut mengartikan bahwa kemampuan penalaran adaptif di kelas eksperimen cenderung meningkat.

Author Biographies

  • Rina Oktaviyanthi, Universitas Serang Raya
    Pendidkkan Matematika, Universitas Serang Raya
  • Usep Sholahudin, Universitas Serang Raya
    Pendidkkan Matematika, Universitas Serang Raya

Downloads

Published

2021-11-16

Issue

Section

Articles