PENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) BERBASIS LAYOUT MAJALAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI SUMPAH PEMUDA DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BINJAI
Abstract
The background of this research because of unattractive students worksheet in general, learning activity is still centered to the teacher/verbalistic and lack of using student worksheet in classroom activity. The purpose of this research is to develop SW (Student Worksheet) and to see the appropriateness based on magazine layout in History, Sumpah Pemuda subject matter in state senior high school 5 Binjai grade eleven. The method was used in this research using development model from Borg and Gall which divided into seven stages such as Preliminary study, Research planning, Developing early form product and design validation, Early trial, Product revision, Field trial and Final revision product. After tested, then the result of the research showed 91% scored (Including Valid Criteria) in early trial or field/large and able to attract student attentiveness learning on History subject.
Keywords : Student Worksheet, Magazine Layout, History Subject
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang menariknya tampilan LKS pada umumnya, kegiatan belajar masih berpusat pada guru/verbalistik, dan kurangnya penggunaan LKS dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu Mengembangkan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Layout Majalah Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Sumpah Pemuda di Kelas XI SMA Negeri 5 Binjai dan Melihat Kelayakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Layout Majalah Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Sumpah Pemuda di Kelas XI SMA Negeri 5 Binjai. Metode dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan format produk awal dan validasi desain, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi produk. Setelah diuji cobakan, maka dapat diketahui bahwa hasil penelitian mengenai kelayakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Layout Majalah mendapatkan nilai 91% (termasuk kriteria sangat valid) baik uji coba awal maupun lapangan/luas dan mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran sejarah.Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Layout Majalah, Pembelajaran Sejarah
DOI: 10.15408/sd.v7i1.15432
Refbacks
- There are currently no refbacks.