EFEKTIFITAS MODEL REACT DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG PEMBELAJARAN IPS MATERI MOBILITAS SOSIAL

Indra Kusuma Wardani, Agus Purnomo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan model RACET dalam meningkatkan hasil belajar pada materi mobilitas sosial. Materi mobilitas sosial memiliki karakter yang kontekstual atau dekat dengan lingkungan siswa  sehingga sesuai dengan model ini. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen  dengan desain nonequivalent control group. Subjek dalam penelitian ini ditentukan menggunakan cara uji homogenitas pada seluruh populasi, yaitu kelas VIII di SMPN 9 Malang. Setelah diketahui kelas yang setara maka penentuan subjek (kelas kontrol dan eksperimen) menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan pembelajaran model REACT yaitu 84,02 dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 78,75. Keuntunggan dari menggunakan model pembelajaran ini ada 9 salah satunya adalah pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata. Hasil penerapan menunjukkan hasil bahwa model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebanyak 30 siswa dari pembelajaran yang biasa digunakan. Peningkatan ini didapatkan dari keunggulannya yang mampu untuk mengaitkan antara materi dengan kehidupan nyata di sekitar siswa. Mengaitkan materi dengan kehidupan nyata merupakan salah satu cara untuk membuat siswa lebih paham dan mengerti pemebelajaran apabila dikaitan dengan kehidupan nyata sehingga siswa dapat menemukan pengetahuan yang baru dengan sendirinya.

Kata Kunci: REACT, hasil belajar, mobilitas soisal.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v6i1.10620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.