PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK
Abstract
Salah satu karakter yang dibutuhkan dalam era pendidikan abad 21 adalah nasionalisme. untuk menciptakan peserta didik yang memiliki nasionalisme yang kuat, maka diperlukan model pembelajaran yang dapat menguatkan sikap nasionalisme.
Dalam dokumen kurikulum 2013, salah satu tujuan diajarkan geografi di SMA supaya peserta didik tetap mampu menunjukkan perilaku cinta tanah air, bangga sebagai bangsa Indonesia, dan bertanggung jawab terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Sementara dalam silabus tidak ada materi khusus yang membahas mengenai nasionalisme itu sendiri.
Maka desain model PIKB (Pembelajaran Investigasi Kelompok Bervariasi) ini adalah solusinya. model pembelajaran PIKB ini mengadopsi konsepnya dari model investigasi kelompok yang dijelaskan oleh Joyce (2009:319).
Model PIKB merubah dan memaknai materi pelajaran geografi yang biasa diajarkan menjadi luar biasa efeknya bagi sikap nasionalisme peserta didik. Berdasarkan parameter nasionalisme yang dikemukakan oleh Hertz (1944:171) yaitu : 1) Memiliki rasa ingin untuk selalu mencapai kesatuan dan persatuan 2) keinginan untuk mencapai kemerdekaan 3) keinginan untuk mencapai keaslian 4) keinginan untuk mencapai kehormatan bangsa. Diperoleh skor Pengetahuan, sikap dan perilaku nasionalisme peserta peserta didik mengalami kenaikan yang signifkan.
DOI: 10.15408/sd.v5i2.10555
Refbacks
- There are currently no refbacks.