Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas V SDN SUkabumi Selatan 07
DOI:
https://doi.org/10.15408/elementar.v3i1.27392Keywords:
Learning Motivation, Academic ProcrastinationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prokrastinasi akademik siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket untuk variabel motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan model skala likert. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh jumlah siswa di kelas V SDN Sukabumi Selatan 07 sebanyak 64 siswa. Tekik korelasi yang digunakan pada penelitian ini adalah model Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan nilai r hitung sebesar -0,539. Kemudian, hasil koefisien determinasi pada penelitian ini yaitu sebesar 27,3%, yang berarti pengaruh yang diberika motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik sebesar 27,3% dan sisanya 72,7% dipengaruhi oleh faktor lain.References
Basleman, Anisah dan Syamsu Mappa. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Badaruddin, Achmad. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Sumatera Barat: CV Abe Kreatifindo.
Janna, dkk. 2004 .“Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan”. Jurnal BK UNIESA. Vol. 4. No. 3.
Herlina, Vivi. 2019. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Gramedia.
Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wade Group.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Downloads
Published
2023-07-31
Issue
Section
Articles