Perbedaan Perspektif Mengenai Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial: Sebuah Penelitian Metode Q Terhadap Guru IPS

Authors

  • Aflaha Eirnanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nana Supriatna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Neiny Ratmaningsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15408/sd.v11i1.38865

Keywords:

Perspektif Guru IPS, Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Q

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan perspektif guru IPS terhadap hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan metode Q. Adapun hal yang akan dikaji terutama terhadap (1) tujuan, (2) konten, dan (3) metode yang digunakan dalam pembelajaran IPS. Metodologi Q merupakan penelitian campuran dengan bertujuan untuk mempelajari subjektivitas guru IPS secara objektif. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian Q ini adalah nonprobablity sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling dipilih karena peneliti menginginkan data yang beragam, dibandingkan data seragam. Pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan survei dan wawancara. Data survei dianalisis dengan menggunakan analisis faktor melalui perangkat lunak KenQ Analysis, sedangkan data wawancara diolah dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat macam-macam persepsi guru terhadap hakikat IPS, di antaranya perspektif (1) pembentukan moral; (2) peningkatan akademik; (3) kritik sosial; (4) inkuiri reflektif; dan (5) pengembangan pribadi. Setiap perspektif saling tumpang tindih satu sama lain. Namun, terdapat hal yang membedakannya jika dilihat dari tujuan, konten, dan metode yang digunakannya, sampai pada batas tertentu.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles