Persepsi Masyarakat Nelayan Tentang Pentingnya Pendidikan Formal di Kabupaten Cirebon

Authors

  • Eka Hidayatul Farkhanah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhamad Arif Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Syairul Bahar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/sd.v11i1.38302

Keywords:

Persepsi, Pendidikan Formal, Masyarakat Nelayan.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi masyarakat nelayan terhadap pendidikan formal Desa Gebang Kulon Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat nelayan terhadap pendidikan formal di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat nelayan desa Gebang Kulon terhadap pentingnya pendidikan formal itu sangat baik dan mendukung. Tujuanya untuk kesejahteraan masyarakat nelayan di masa depan. Pendidikan merupakan elemen penting bagi masyarakat nelayan. Dari pengetahuan, keterampilan, wawasan, bisa merubah pola pikir menjadi cerdas dan lebih baik. Selayaknya semua masyarakat mendapat kesempatan untuk menikmati pendidikan, baik dalam pendidikan yang diberikan oleh keluarga, maupun lembaga pendidikan formal yang mengajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan. Keinginan orang tua yaitu menyekolahkan anak-anaknya sampai ke perguruan tinggi, karena pada dasarnya masyarakat nelayan mengerti akan pendidikan, dan semua orang tua mempunyai cita-cita untuk menyekolahkan anak-anaknya yang tertinggi.

Downloads

Published

2024-07-15

Issue

Section

Articles