Prostitusi Remaja dan Ketahananan Keluarga

Ulfiah Ulfiah, Neng Hannah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah; pertama, untuk mengungkapkan fenomena prostitusi remaja putri di Cianjur dilihat dari karakteristik tempat prostitusi, karakteristik pelaku dan korban serta mekanisme prostitusi yang terjadi; dan kedua, untuk mengetahui bagaimana kondisi ketahanan keluarga remaja putri yang menjadi korban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menguji teori sebagai sebuah fenomena di lapangan melalui pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap realita yang terjadi pada remaja putri yang terlibat pada kegiatan prostitusi. Temuan  hasil lapangan kemudian dianalisis dengan metode genealogi Foucault sehingga peneliti mengidentifikasi kekuasaan-kekuasaan apa/mana saja yang berkaitan dengan fenomena prostitusi remaja putri dan ketahanan keluarga. Hasil penelitian diperoleh bahwa, Prostitusi remaja putri di Cianjur dilihat dari karakteristik tempat prostitusi, karakteristik pelaku dan korban serta mekanisme prostitusi yang terjadi. Pada penelitian ini ditemukan ada empat macam pelaku perdagangan anak untuk prostitusi, yaitu pacar, teman, dan mucikari.


Keywords


Prostitusi remaja dan ketahanan keluarga

References


Abu Ahmadi. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Agung, Bambang, 1996. “Michel Foucault tentang Kekuasan”, Majalah Driyakara, tahun XXI no 2.

Anwar, 1999. Desentralisasi Spasial melalui Pembangunan Agropolitan, Dengan Mereplikasi Kota-kota Menengah Kecil di Wilayah Perdesaan. Buletin Tata Ruang .

Arivia, Gadis. 2003. Filsafat Berperspektif Feminis. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,

Boeang, Kondrad Kebung. 1997. Michel Foucault Parhesia dan Persoalan Mengenai Etika, Jakarta: Penerbit Obor.

Bungin, Burhan. 2010. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Creswell, John W. 2010. Research Design:Pendekatak Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Euis Sunarti, 2017. Worshop Diagnostik Ketahanan Keluarga, Bogor.

Fathonah, Rini. 2015.Analisis terhadap Faktor Penyebab Prostitusi Pada Anak dalam Jurnal Ilmu Hukum. Fiat Justitia Volume 9 No 2 April- Juni.

Goodman, Douglas J & George Ritzer. 2005. Terjemahan oleh Alimandan, Teori Sosiologi Modern, Jakarta: PT.Gramedia, Edisi 6.

Haryatmoko. 2002.“Kekuasaan Melahirkan Anti-Kekuasaan ; Menelanjangi Mekanisme dan Teknik Kekuasaan Bersama Foucault”, Makalah Kuliah Umum Filsafat Sosial 25 Maret 2013 di Jurusan Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin UIN Bandung, 5. Artikel ini pernah dimuat di Majalah BASIS no: 01-02 Tahun ke 51.

Holzner, Brigitte dan R. Saptari. “Research Appoach” Dalam Brigitte Holzner, Gender Methodology in Agricultural Project, (Netherland: Departement of Gender Studies in Agricultural, Weagning University)

Hurlock. Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Ke-Lima. Alih Bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta : Erlangga..


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v6i2.11008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.