Pengaruh Motivasi Hedonic Shopping dan Adiksi Internet Terhadap Online Impulse Buying

Aqmarina Aqmarina, Zulfa Indira Wahyuni Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi motivasi belanja hedonis (adventure shopping, social shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping dan value shopping) dan jenis kelamin terhadap impulse buying secara online. Sampel pada penelitian ini sebanyak 260 orang yang pernah berbelanja online, tinggal di Jabodetabek dan berusia 18-30 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari dimensi motivasi belanja hedonis, adiksi internet dan jenis kelamin terhadap impulse buying secara online. Hasil uji hipotesis minor menunjukkan bahwa tedapat dua variabel yang signifikan mempengaruhi impulse buying secara online, yaitu gratification shopping dan idea shopping. Implikasi dari penelitian ini dapat memberi masukan kepada calon pembeli untuk melakukan perencanaan sebelum memutuskan untuk membeli, karena dengan adanya perencanaan bisa menghindari efek negatif dari impulse buying secara online yaitu penyesalan.


Keywords


impulse buying secara online, motivasi belanja hedonis, adiksi internet

References


Arnold, M.J., & Reynolds, K.E. (2003). Hedonic shopping motivations. Journal of Retailing, 79 (1), 77-95

Apkomindo. (2016). 2015, Pasar e-commerce berpotensi meningkat. Diunduh tanggal 25 Mei 2016 dari http://www.apkomindo.id/index.php/logo/item/96-2015-pasar-e-commerce-berpotensi-meningkat

Babin, B.J., William, R.D., Mitch, G. (1994). Work and/or fun: measuring hedonic and utilitarian shopping value. Journal of Consumer Research, 20 (4), 664-656

Beard, K.W., & Wolf, E.M. (2001). Modification in the proposed diagnostic criteria for internet addiction. CyberPsychology and Behavior, 4 (3), 177-183

Beatty, S.E., & Ferrell, M.E. (1998). Impulse buying: Modelling its precursors. Journal of Retailing, 74 (2), 169-191

Chandra, K.A.H., & Purnami, N.M. (2012). Pengaruh jenis kelamin, promosi penjualan dan sifat materialisme terhadap perilaku impulse buying secara online. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2331-2348

Chang, M.K., & Law, S.P.M. (2008). Factor structure for young’s internet addiction test: a confirmatory study. Computer in Human Behavior, 24, 2597-2619

Dawson, S., & Kim, M. (2009). External and internal trigger cues of impulse buying online. Direct marketing international journal, 3 (1), 20-34

Deny, S. (2016). BPS: jumlah e-commerce di Indonesia capai 26,2 juta. Diunduh tanggal 7 November 2016 dari http://bisnis.liputan6.com/read/2602680/bps-jumlah-e-commerce-di-indonesia-capai-262-juta

Ernis, D. (2015). Belanja online naik dua kali lipat. Diunduh tanggal 28 Desember 2015 dari http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/01/22/090636835/2015-belanja-online-naik-dua-kali-lipat

Haq, A.A. (2015). Pengaruh sales promotion terhadap perilaku impulse buying wanita bekerja pada matahari department store plaza citra pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 1-13

Heriyanto, T. (2014). Kecanduan internet, indonesia juara. Diunduh tanggal 4 Februari 2016 dari http://inet.detik.com/read/2014/05/30/133230/2595369/398/soal-kecanduan-internet-indonesia-juara

Hirschman, E.C., & Holbrook, M.B. (1982). Hedonic consumption: Emerging concepts, methods and propositions. Journal of Marketing, 46 (3), 92-101

Hurlock, E.B. Developmental psychology: A life-span approach, Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang keidupan. Istiwidayanti (terj). 1980. Jakarta: Erlangga

Irawan, H. (2007). Karakter dan perilaku khas konsumen indonesia. Diunduh tanggal 17 Februari 2016 dari http://www.handiirawan.com/articles/the_uniqueness_of_indonesian_consumer/karakter_dan_perilaku_khas_konsumen_indonesia.html

Kim, J. (2003). College student’ apparel impulse buying behaviors in relation to visual merchandising. Tesis. The Catholic University of Korea

Kim, S.Y., & Kim, B. (2004). Precursors of the internet addiction among adults? The impact of self-concept, stress and internet usage control on the internet

Kosyu, D.A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh hedonic shopping motives terhadap shopping lifestyle dan impulse buying: Survey pelanggan outlet stradivarius di galaxy mall surabaya), Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1-7


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v6i2.10990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.