Pengaruh Motivasi Hedonic Shopping dan Adiksi Internet Terhadap Online Impulse Buying
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi motivasi belanja hedonis (adventure shopping, social shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping dan value shopping) dan jenis kelamin terhadap impulse buying secara online. Sampel pada penelitian ini sebanyak 260 orang yang pernah berbelanja online, tinggal di Jabodetabek dan berusia 18-30 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari dimensi motivasi belanja hedonis, adiksi internet dan jenis kelamin terhadap impulse buying secara online. Hasil uji hipotesis minor menunjukkan bahwa tedapat dua variabel yang signifikan mempengaruhi impulse buying secara online, yaitu gratification shopping dan idea shopping. Implikasi dari penelitian ini dapat memberi masukan kepada calon pembeli untuk melakukan perencanaan sebelum memutuskan untuk membeli, karena dengan adanya perencanaan bisa menghindari efek negatif dari impulse buying secara online yaitu penyesalan.
Keywords
References
Arnold, M.J., & Reynolds, K.E. (2003). Hedonic shopping motivations. Journal of Retailing, 79 (1), 77-95
Apkomindo. (2016). 2015, Pasar e-commerce berpotensi meningkat. Diunduh tanggal 25 Mei 2016 dari http://www.apkomindo.id/index.php/logo/item/96-2015-pasar-e-commerce-berpotensi-meningkat
Babin, B.J., William, R.D., Mitch, G. (1994). Work and/or fun: measuring hedonic and utilitarian shopping value. Journal of Consumer Research, 20 (4), 664-656
Beard, K.W., & Wolf, E.M. (2001). Modification in the proposed diagnostic criteria for internet addiction. CyberPsychology and Behavior, 4 (3), 177-183
Beatty, S.E., & Ferrell, M.E. (1998). Impulse buying: Modelling its precursors. Journal of Retailing, 74 (2), 169-191
Chandra, K.A.H., & Purnami, N.M. (2012). Pengaruh jenis kelamin, promosi penjualan dan sifat materialisme terhadap perilaku impulse buying secara online. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2331-2348
Chang, M.K., & Law, S.P.M. (2008). Factor structure for young’s internet addiction test: a confirmatory study. Computer in Human Behavior, 24, 2597-2619
Dawson, S., & Kim, M. (2009). External and internal trigger cues of impulse buying online. Direct marketing international journal, 3 (1), 20-34
Deny, S. (2016). BPS: jumlah e-commerce di Indonesia capai 26,2 juta. Diunduh tanggal 7 November 2016 dari http://bisnis.liputan6.com/read/2602680/bps-jumlah-e-commerce-di-indonesia-capai-262-juta
Ernis, D. (2015). Belanja online naik dua kali lipat. Diunduh tanggal 28 Desember 2015 dari http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/01/22/090636835/2015-belanja-online-naik-dua-kali-lipat
Haq, A.A. (2015). Pengaruh sales promotion terhadap perilaku impulse buying wanita bekerja pada matahari department store plaza citra pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 1-13
Heriyanto, T. (2014). Kecanduan internet, indonesia juara. Diunduh tanggal 4 Februari 2016 dari http://inet.detik.com/read/2014/05/30/133230/2595369/398/soal-kecanduan-internet-indonesia-juara
Hirschman, E.C., & Holbrook, M.B. (1982). Hedonic consumption: Emerging concepts, methods and propositions. Journal of Marketing, 46 (3), 92-101
Hurlock, E.B. Developmental psychology: A life-span approach, Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang keidupan. Istiwidayanti (terj). 1980. Jakarta: Erlangga
Irawan, H. (2007). Karakter dan perilaku khas konsumen indonesia. Diunduh tanggal 17 Februari 2016 dari http://www.handiirawan.com/articles/the_uniqueness_of_indonesian_consumer/karakter_dan_perilaku_khas_konsumen_indonesia.html
Kim, J. (2003). College student’ apparel impulse buying behaviors in relation to visual merchandising. Tesis. The Catholic University of Korea
Kim, S.Y., & Kim, B. (2004). Precursors of the internet addiction among adults? The impact of self-concept, stress and internet usage control on the internet
Kosyu, D.A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh hedonic shopping motives terhadap shopping lifestyle dan impulse buying: Survey pelanggan outlet stradivarius di galaxy mall surabaya), Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1-7
DOI: 10.15408/tazkiya.v6i2.10990
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.