Pengaruh Citra Diri (Self Image) dan Konformitas Terhadap Perilaku Compulsive Buying pada Remaja

Januar Rohman, Akhmad Baidun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh compulsive buying, citra diri (self image) dan konformitas. Sampel penelitian ini yaitu remaja yang berusia antara 15-18 tahun yang berjumlah 167 remaja. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling. Analisis data yang digunakan yaitu accidental pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan compulsive buying, citra diri (self image) dan konformitas pada remaja. Proporsi varians dari compulsive buying yang dijelaskan oleh seluruh variabel bebas yaitu sebesar 21%, sedangkan 79% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa konformitas normative dan konformitas informative, serta jenis kelamin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku compulsive buying.


Keywords


belanja kompulsif, citra diri, konformitas, remaja

References


Dittmar, H. (2005). Compulsive buying – A growing concern? An examination of gender, age, and endorsement of materialistic values as preditors. British Journal of Psychology, 96, 467-491.

Ekowati, Titin. (2009). Compulsive buying : tijauan pemasar dan psikolog. Jurnal psikologi.

Faber, R.J. and O‘Guinn, T.C. (1989). Compulsive buying: A phenomenological exploration. Journal of Consumer Research, 16, 147- 157.

Hotpascaman, S. (2008). Hubungan perilaku konsumtif dengan konformitas pada remaja. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Alih bahasa : Istiwidayanti. Jakarta : Erlangga.

Hussain M., Farzand Ali Jan, Khurshed Iqbal, Raheel Manzoor, Rahman.S, Imran. (2011). Do people consider self image in impulse buying behavior in Peshawar, Pakistan? Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Busness. December 2011, 3 (8)

Koentjoro & Nina Fitriani. (2009). Keranjingan berbelanja pada wanita bekerja. 7 (1). Fenomena: 48-47 ISSN 1693-4296

Park, Jung Kun & Yun Jung Lee. (2005). The mediating role of consumer conformity in E-compulsive buying. Purdue University, USA.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v1i2.10679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.