Vol. 12 No. 1 (2020): EDUSAINS

Published: 2020-06-30

Artikel

  • DISCOVERY LEARNING DISERTAI PERTANYAAN DIVERGEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

    Azizah Nur Halimah, harlita harlita, Sri Dwiastuti
    1-8
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12762
  • PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS STUDENT CREATED CASE STUDIES

    Dwi Ayu Lestari, Joko Ariyanto, Harlita Harlita
    9-19
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12291
  • HUBUNGAN TINGKAT PEMAHAMAN KARAKTERISTIK MORFOLOGI HEWAN DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL NAMA LATIN HEWAN PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 3 JEMBER

    M Ubaidilah Hasan, Ira Nurmawati
    20-29
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13132
  • IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS XI DI MAN 4 BANTUL PADA SUHU DAN KALOR

    Nur Arviyanto Himawan, Jumadi Jumadi, Edy Purwanto
    30-37
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12784
  • PERKEMBANGAN PENELITIAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI INDONESIA

    Nurhasanah Nurhasanah, Jumadi Jumadi, Luh Devi Herliandry, Melta Zahra, Maria Enjelina Suban
    38-46
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.14148
  • WEB MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN THINKING SKILL

    Agnesi Sekarsari Putri, Nurfina Aznam
    47-53
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11034
  • PENGEMBANGAN LITERASI SAINS DAN IDENTITAS BUDAYA SISWA MELALUI PENDEKATAN ETNO-PEDAGOGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS

    Yuli Rahmawati, Achmad Ridwan, Sylvia Faustine, Sitti Syarah, Ibrahim Ibrahim, Pramita Cucu Mawarni
    54-63
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12428
  • IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN KONFLIK KOGNITIF FISIKA: KASUS TERKAIT PERUBAHAN KONSEPTUAL

    Zul Hidayatullah, Jumadi Jumadi, Nuraini Nadhiroh, Endah Kartika, Azizah Ainun Nuha, Sony Yunior Erlangga
    64-71
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13504
  • PANDANGAN GURU FISIKA TERHADAP PENERAPAN BUDAYA JAWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

    Endah Kartika, Jumadi Jumadi, Zul Hidayatullah
    72-80
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.14050
  • PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MOODLE PADA MATERI HIDROKARBON

    Jimmi Copriady, Siti Nurjannah Iswandari, Asmadi M Noer, Sri Wilda Albeta
    81-88
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11503
  • KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA SMA DI JAKARTA TIMUR

    Eka Putri Azrai, Ade - Suryanda, Ratna Dewi Wulaningsih, Umi Kulsum Sumiyati
    89-97
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13671
  • ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM EKOLOGI

    hunaepi hunaepi, Endang Susantini, laras firdaus, taufik samsuri, raharjo raharjo
    98-105
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13869
  • PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN

    Galih Rinekso Yuwono, Widha Sunarno, Nonoh Siti Aminah
    106-112
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11659
  • PENGARUH LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DASAR BIOLOGI

    Juhji Juhji, Mansur Mansur
    113-122
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13048
  • PROBLEM-SOLVING AND PROBLEM-POSING LEARNING MODEL ENRICHED WITH THE MULTIPLE REPRESENTATION IN TETRAHEDRAL CHEMISTRY TO ENHANCE STUDENTS’ CONCEPTUAL UNDERSTANDING

    Nurma Yunita Indriyanti, Sulistyo Saputro, Rizki Lukman Sungkar
    123-134
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13282
  • PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ADEL (ACTIVE AND DELIGHTFUL LEARNING) PADA MATERI ORGANEL SEL KELAS VII SMP

    Adella Putri Kasih, Heru Nurcahyo
    135-144
    DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.14041