PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Nurhayati Nurhayati, Lia Angraeni, Wahyudi Wahyudi

Abstract


THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING AND CRITICAL THINKING ON HIGH ORDER THINGKING ABILITY          

 

Abstract

This study aims to determine the effect of problem-based learning model and critical thinking skills on students' high-order thinking about optical materials. Quasi-experimental method with two-way ANOVA design was used to conduct this study with 34 second semester physic education students of IKIP PGRI Pontianak. Data of students’ higher order thinking ability was obtained from multiple choice test with reason while the data of students' critical thinking ability was measured using multiple choice test. Based on the results of data analysis, it can be concluded that: (1) there is an influence of the problem based learning model on high student's thinking ability, (2) there is an influence of high critical thinking ability and low critical thinking ability on high student's thinking ability and (3) the interaction between the application of problem based learning model with the ability to think critically to the students' high level of thinking ability.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning, keterampilan berpikir kritis dan interaksinya terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada materi optika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain two way ANOVA. Penelitian ini dilaksanakan di IKIP PGRI Pontianak pada mahasiswa semester II program studi pendidikan fisika sebanyak 34 orang mahasiswa. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan alasan sedangkan data kemampuan berpikir kritis mahasiswa diukur dengan menggunakan tes berbentuk multiple choice. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa, (2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dan (3) terdapat interaksi antara penerapan model problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

 


Keywords


model problem based learning; model problem based learning; high-order thinking; critical thinking skill; optics;kemampuan berpikir tingkat tinggi; kemampuan berpikir kritis; optika

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. 2005. Strategi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol. XVII, No. 01.

Barus, E. L., & Sani, R. A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas X Semester II. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5 (4), 16-22.

Brookhart, S. M. 2010. How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.

Budiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian Edisi Ke-2. Universitas Sebelas maret Press. Surakarta.

Handayani, S. L. (2018, July). Mengevaluasi Konsepsi dan Miskonsepsi Mahasiswa PGSD Materi Optik Geometri Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1 (1).

Krathwohl, D.R. & Anderson, L.W. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assesing; A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Education Objective: (Tersedia di www.purdue.edu/geri diakses 25 Desember 2015).

Lestari, N. N. S. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problembased Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(2).

Lin, K.M. & Leng, L.W. (2008). Using problem-posing as an assessment tool. Paper presented at the 10th AsiaPacific Conference on Giftedness, Singapore.

Nurhayati, N., & Angraeni, L. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 3 (2), 119-126.

Prasetyani, E., Hartono, Y., Susanti, E. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah diSMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP-UMRAH. 1 (1), 31-40.

Rahayu, S., Rahayu, S., Hidayat, A., & Hidayat, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Sukawangi Pada Materi Pencemaran Lingkungan. ilib. uinsgd. ac. id, (1), 1-8.

Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. 2018. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7 (2), 147-153.

Sofyan, H., Komariah, K. 2016. Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6 (3), 260-271.

Sulaiman, W. 2005. Statistik Non-Parametrik: Contoh kasus dan Pemecahannya dengan SPSS. Andi Publisher. Yogjakarta.

Sutrisno, L. 1991. Program Diagnostik Remediasi Dalam IPA: Meta Analisis. Laporan Penelitian. Pontianak: FKIP UNTAN.

Suwardjono. 2009. Revolusi Paradigma Pembelajaran Perguruan Tinggi Dari Penguliahan ke Pembelajaran. (Tersedia di inparametric.com/bhinablog/download/Artikel1.pdf, diunduh tanggal 30 Desember 2015).

Surapranata, S. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Intepretasi Hasil Tes-Implementasi Kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ulfa, W. S. Manurung, B. Edi, S. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Menganalisis, Mengevaluasi, Mencipta) dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa STIPAP LPP Medan. Jurnal UNIMED, 433-442.

Van den Berg, Euwe. 1991. Miskonsepsi Dan Remediasi. Universitas Salatiga. Kristen Satya Wacana.

Wijnen, M., Loyens, S. M., Smeets, G., Kroeze, M., & van der Molen, H. 2017. Comparing problem-based learning students to students in a lecture-based curriculum: learning strategies and the relation with self-study time. European Journal of Psychology of Education, 32 (3), 431-447.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7464 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

 

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats