METHOD OF PORTOFOLIO RESUME ASSIGNMENT TO IMPROVING STUDENTS CONCEPT COMPREHENSION TOWARDS MOLECULAR CELLULAR BIOLOGY CLASS

Rizkia Suciati, Suci Lestari

Abstract


Biologi sel dan molekuler merupakan salah satu topik yang sudah mengarah pada penerapan teknologi molekuler.
Permasalahan muncul ketika peserta didik kurang memahami konsep atau bahkan sering miskonsepsi karena banyak
konsep yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa melalui
resume dalam bentuk portofolio. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah
mahasiswa program studi Pendidikan Biologi yang telah mengambil matakuliah Biologi sel dan molekuler berjumlah
102 orang, dan penentuan sampel menggunakan cluster random sehingga diperoleh 40 mahasiswa. Data dianalisis
secara deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, diketahui bahwa nilai rata-rata hasil resume
portofolio sebesar 71,60 dan dikategorikan tinggi. Dengan demikian, pemahaman konsep mahasiswa berada dalam
kategori tinggi sehingga metode penugasan membuat resume yang berupa portofolio mampu memberikan hasil
pemahaman konsep materi perkuliahan Biologi Sel dan Molekuler menjadi lebih baik, dengan nilai rata-rata
pemahaman konsep melalui portofolio berada dalam kategori tinggi.

Keywords


biologi sel & molekuler, pemahaman konsep, portofolio, tugas resume

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN: 1979-7281; E-ISSN: 2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: