PENGGUNAAN BAHAN AJAR IPA TERPADU DENGAN TEMA CUACA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP KELAS VII

Nur Inayah Syar

Abstract


Abstract

The aim of this research was analysing the enhancing of student’s concept mastery by using an integrated science teaching material themed weather for Junior High School student in seventh grade. The method used in this study was mix method between qualitative and quantitative research with Research and Development (R&D) approach. However, the study in this journal is devoted to the product testing phase in order to enhance student’s concept mastery by implementing teaching materials consisting of two chapters for 30 students. The data analyzed were obtained from pretest and posttest score for both chapters of teaching material themed weather. According to the results of this research, it can be concluded that after experimenting teaching materials, the highest enhancement of student concept is in KD 3.9, that is about air pollution. The N-Gains in Chapter II (Cuaca dan Iklim serta Perubahannya) show greater value than the N-Gains in Chapter I (Cuaca dan Unsur-unsur yang ada di Atmosfer).

Keywords: teaching material; integrated science; weather; student’s concept mastery

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan penguasaan konsep siswa dengan menggunakan bahan ajar IPA terpadu bertema cuaca untuk siswa SMP kelas VII. Mix method antara penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan dengan pendekatan penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Namun pembahasan pada jurnal ini dikhususkan pada tahap uji coba produk untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan mengimplementasikan bahan ajar yang terdiri dari dua bab materi kepada 30 orang siswa. Data-data yang dianalisis diperoleh dari skor pretest dan posttest untuk kedua bab bahan ajar bertema cuaca. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh kesimpulan setelah melakukan uji coba bahan ajar, bahwa peningkatan konsep siswa yang paling tinggi terdapat pada KD 3.9, yaitu mengenai pencemaran udara. N-Gain pada Bab II (Cuaca dan Iklim serta Perubahannya) menunjukkan nilai yang lebih besar dibandingkan dengan N-Gain pada Bab I (Cuaca dan Unsur-unsur yang Ada di Atmosfer)

Kata Kunci: bahan ajar; IPA Terpadu; cuaca; penguasaan konsep

 

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/es.v9i1.2234

 


Keywords


bahan ajar; IPA Terpadu; cuaca; penguasaan konsep

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Logo IPI /public/site/images/yantiherlanti/moraref_318 /public/site/images/yantiherlanti/oaji_229 /public/site/images/yantiherlanti/esjindex_logo_187 /public/site/images/yantiherlanti/sis-logo_500 /public/site/images/yantiherlanti/daij_354 /public/site/images/yantiherlanti/doaj_logo_400

 

 

Lisensi Creative Commons
Copyright© CC-BY-SA
Jurnal EDUSAINS