PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS PBL TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI TERTULIS SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

Enda Amelia Tarigan, Diana Rochintaniawati

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of the implementation of practical methods based on Problem Based Learning (PBL) in Integrated Science learning to improve the ability of junior high school students' science written arguments. This study uses Quasi Experiment with study design The NonEquivalent pretest-posttest design. The study sample consisted of 61 students of class VII of one of the secondary schools in the city of Bandung. The sampling technique used was simple random sampling in the classroom. Data collection techniques are using the test essay written arguments against the implementation of PBL based method. Data were analyzed using normality test, test N-Gain, and test t 'tested using IBM SPSS 22 and Microsoft Excel. The results showed the Sig 2-tailed t-test 'of 0,034 <0,05 hence Ho refused and H1 accepted. These results were obtained from data on the increase in a written argument to the students who use the lab-based methods PBL of 0.19 with a lower category and students using practical methods of verification of 0.37 with the medium category. Based on these results it can be concluded that there is significant influence on the practical methods of implementing PBL based on the Integrated science teaching to improve student's written arguments.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh implementasi metode praktikum berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA Terpadu untuk meningkatkan kemampuan argumentasi tertulis sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 61 orang siswa kelas VII dari salah satu SMPN di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes esai argumentasi tertulis terhadap implementasi metode berbasis PBL. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, uji NGain, dan uji t’ yang diuji menggunakan IBM SPSS 22 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig 2-Tailed Uji t’ sebesar 0,034 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil ini diperoleh dari data peningkatan argumentasi tertulis untuk siswa yang menggunakan metode praktikum berbasis PBL sebesar 0,19 dengan kategori rendah dan siswa yang menggunakan metode praktikum verifikasi sebesar 0,37 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi metode praktikum berbasis PBL pada pembelajaran IPA Terpadu untuk meningkatkan kemampuan argumentasi tertulis siswa.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/es.v7i2.1648


Keywords


praktikum berbasis PBL; praktikum verifikasi; kemampuan argumentasi tertulis

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Logo IPI /public/site/images/yantiherlanti/moraref_318 /public/site/images/yantiherlanti/oaji_229 /public/site/images/yantiherlanti/esjindex_logo_187 /public/site/images/yantiherlanti/sis-logo_500 /public/site/images/yantiherlanti/daij_354 /public/site/images/yantiherlanti/doaj_logo_400

 

 

Lisensi Creative Commons
Copyright© CC-BY-SA
Jurnal EDUSAINS