IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE

Authors

  • Dwi Septiana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Zulfiani Zulfiani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Meiry Fadilah Noor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1151

Keywords:

Miskonsepsi, Two-tier Multiple Choice, Archaebacteria, Eubacteria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsespsi siswa mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria menggunakan two-tier multiple choice. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Menengah Atas ddi Jakarta pada tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 35 orang siswa. Data tes diagnostik dikumpulkan menggunakan two-tier multiple choice untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa ke dalam paham konsep, miskonsepsi, tidak paham dan menebak (4 kategori). Hasil menunjukkan 31.12% peserta didik mengalami miskonsepsi pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria sedangkan sisanya didominasi oleh kategori tidak memahami.

Downloads

Issue

Section

Artikel

How to Cite

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE. (2015). EDUSAINS, 6(2), 191-200. https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1151