PEMBELAJARAN SASTRA DI PERGURUAN TINGGI YANG BERKARAKTER

Adenarsy Avereus Rahman

Abstract


Abstract: One of subject in the Department of Language and Literature Education Indonesia and is Indonesian literature or literature. This course not only teaches literary competence through theories, history, and literary criticism but demands learners or students to have attitudes and characters in accordance with the values ​​contained in literary works. Therefore, literary education relates to character education. Therefore literary learning should contain the character values ​​that correspond to that purpose. Such an attempt is to choose materials and literary works that contain character values. The material contains the values ​​of the characters such as literary psychology, one of the approaches in Literature Theory. Literary works taken can be novel such as Amba, novel of Laksmi Pamuntjak. The novel contains lots of character values, one of which is the responsibility. Thus, the student not only understands the literary knowledge but also achieves the establishment of the character and the noble character of integrity, integrity, and balance, in accordance with the standard of graduation competence.

 

Abstrak: Salah satu mata kuliah yang diajarkan di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah Sastra Indonesia. Mata kuliah ini tidak hanya mengajarkan kompetensi kesusastraan melalui teori, sejarah, dan kritik sastra tetapi menuntut pembelajar atau mahasiswa untuk memiliki  sikap dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat pada karya sastra. Oleh karena itu,  pendidikan sastra berkaitan dengan pendidikan karakter.  Untuk itu pembelajaran sastra harus memuat nilai-nilai karakter yang sesuai dengan tujuan itu. Salah upaya tersebut adalah memilih materi dan karya sastra yang memuat nilai-nilai karakter. Materi memuat nilai-nilai karakter tersebut di antaranya  adalah  psikologi sastra, salah satu pendekatan dalam Teori Sastra. Karya sastra yang diambil dapat berupa novel seperti novel Amba karya Laksmi Pamuntjak. Novel tersebut banyak memuat nilai-nilai karakter yang salah satunya adalah tanggung jawab. Dengan demikian,  mahasiswa tidak hanya memahami pengetahuan sastra tetapi juga dapat mencapai pembentukan karakter dan akhlak mulia secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan standar kompentensi lulusan.

 

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v4i2.7452

 


Keywords


literary learning; college; character; literature psychology; novel Amba; pembelajaran sastra; perguruan tinggi; karakter; psikologi sastra; novel Amba

References


Amri, S. dkk., Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka. 2011.

Benninga, S. J. “The Relationship Of Character Education Implementation And Academic Achievement In Elementary Schools”. Journal of Research in Character Education. Vol. 1, No. 1,19-23, 2003.

Emzir dan Rohman, S. Teori Dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2015.

Damayanti, D. Panduan Imlementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Arasaka. 2014.

Ismawati, E. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak. 2013.

Mu’in, F. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: ar-Ruzz Media. 2011.

Mustari, M. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. 2011.

Samani, M. dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.

Wibowo, A. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam LembagaPendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011.

Zuchdi, D. Pendidikan Karater Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press. 2012.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

DOAJ CrossRef OCLC WorldCat Google Scholar BASE-Search IPI Portal Garuda UI Factor MoraRef http://sinta1.ristekdikti.go.id/images/sinta_logo.png

 

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats