PENULISAN JURNAL HARIAN SEBAGAI ALTERNATIF TUGAS PEMBELAJAR BIPA (BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING) TINGKAT PEMULA: STUDI KASUS DI LEMBAGA BAHASA UNIVERSITAS SANATA DHARMA
Abstract
Abstract
In accordance with SKL BIPA Permendikbud number 27 of 2017, BIPA students in beginner level are expected to be able to use Indonesian language to self introducing and fulfillment of concrete daily needs with simple way, such as asking direction, order food, shopping in the market, and ect. That abality can be mastered by students with varying fluency on every students. That things is influenced by lack of language structure of the learner and there is interference mother tongue to Indonesian language. Teacher need prepare task activities that support students to achieve expected abilities and help students more fluent Indonesian language. One of task form that can be given is daily journal writing. This research is qualitative descriptive research. Reseacher use participant observation method. Reseacher also documenting students daily journal. Subject in this research is BIPA students in the beginner level in Language Institute of Sanata Dharma University. The purpose of this research is to describe daily journal assignment form and what are the assignment step using daily journal for BIPA learner in the beginner level. Based on the research result, the form of daily journal assignment are two activities, that is outdoor activity and in door activity. Both of activities covers authentic assignment. The assignment can be done with three activities, that is (1) daily journal prewriting activity, (2) daily journal writing process, and (3) post writing daily journal.
Key word: BIPA, beginner level, authentic task, daily journal
Abstrak
Sesuai dengan SKL BIPA Permendikbud nomor 27 tahun 2017, pemelajar BIPA tingkat pemula diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk perkenalkan diri dan pemenuhan kebutuhan konkret sehari-hari dengan cara sederhana, seperti bertanya arah, memesan makanan, berbelanja di pasar, dan sebagainya. Kemampuan tersebut dapat dikuasai oleh pemelajar dengan kelancaran yang berbeda-beda pada setiap pemelajar. Hal tersebut dipengaruhi oleh masih minimnya pengetahuan struktur kebahasaan pemelajar dan adanya interferensi bahasa ibu terhadap bahasa Indonesia. Pengajar perlu menyiapkan aktivitas-aktivitas tugas yang mendukung pemelajar untuk mencapai kemampuan yang diharapkan dan membantu pemelajar semakin lancar berbahasa Indonesia. Salah satu bentuk tugas yang dapat diberikan adalah penulisan jurnal harian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan metode observasi partisipan. Peneliti juga mendokumentasi hasil tulisan jurnal harian pemelajar. Subjek dalam penelitian ini adalah pemelajar BIPA tingkat pemula di Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk penugasan jurnal harian dan bagaimana langkah penugasan dengan jurnal harian bagi pemelajar BIPA tingkat pemula. Berdasarkan hasil penelitian, tugas penulisan jurnal harian berbentuk dua aktivitas, yaitu aktivitas di luar kelas dan di dalam kelas. Kedua aktivitas tersebut mencakup tugas-tugas bersifat autentik. Penugasannya dapat dilakukan dengan langkah (1) aktivitas pramenulis jurnal harian (2) proses menulis jurnal harian dan (3) pascamenulis jurnal harian.
Kata kunci: BIPA, tingkat pemula, tugas autentik, jurnal harian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Absari, I Gusti Ayu Komang Lili. (2015). Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas VII di SMP Negeri I Singaraja. (Jurnal Penelitian, PBSI Universitas Pendidikan Ganesha, 2015). Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/4771
Brookhart, Susan M. (2010). Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. USA: ASCD.
Creswell, J.W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghazali, H.A.Syukur. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa: Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Henter, Ramona dan Elena Simona Indreica. (2014). Reflective Journal Writing As A Metacognitive Tool dalam International Conference of Scientific Paper. Romania. (22-24 May 2014).
Dari http://www.afahc.ro/ro/afases/2014/socio/henter_indreica.pdf
Jazeri, Mohamad. (2016). “Model Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Komunikatif Kontekstual bagi Mahasiswa Asing”. Litera. Vol. 15(2): 217-226. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/11824/8467
Kemdikbud. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan Bidang Keterampilan Kepemanduan Wisata, Pemeliharaan Taman, Pekarya Kesehatan, Petukangan Kayu Konstruksi, Pemasangan Bata, Perancah, Pemasangan Pipa, Mekanik Alat Berat, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Pembuatan Batik dengan Pewarna Ramah Lingkungan, Pembuatan Malam Batik, Pembuatan Batik dengan Pewarna Sintetis, Pembuatan Alat Canting Tulis, dan Pembuatan Canting Cap. Jakarta: Kemdikbud.
Mahardika, Bagus. (2018). “Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Elementary. Vol. 4: 33-46. Diakses dari
https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1030/929
Mike. (2020). “Pemanfaatan Kegiatan Menulis Jurnal sebagai Bahan Penilaian Autentik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII Tahun Pelajaran 2017-2018”. Eksponen. Vol. 10(1): 1-8. Diakses dari
https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/245
Pangesti, Fida. (2017). “Tata Bahasa Komunikatif dalam Pembelajaran BIPA Kelas Pemula (A1)”. Prosiding KIPBIPA X Jawa Timur. Diakses dari
https://eprints.umm.ac.id/45020/48/Pangesti%20-%20Tata%20bahasa%20komunikatif%20kelas%20pemula%20pembelajaran%20BIPA.pdf
Ramadhani, Rizki Putri & Pamungkas, Alim Harun. (2019). “Grammar Learning with Communicative Approach for Foreign Students In BIPA Education and Training”. Spektrum. Vol. 7(1): 75-79. Diakses dari
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/103905/101571
Rifai’I, Ahmad. (202). “Kajian Filosofi Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Revorma. Vol. 1(1): 60-74. Diakses dari
https://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/view/1/8
Rofi’uddin, Ahmad, dkk. (2021). “Pengembangan Bahan Ajar BIPA Daring Tingkat Pemula Rendah”. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. Vol. 10(1): 153-169. Diakses dari
https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jurnal_ranah/article/view/3376
Ronis, Diane. (2011). Asesmen Sesuai Cara Kerja Otak. Jakarta: PT Indeks.
Setyaningrum, Rooselina Ayu. (2019). “Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Menulis Berdasarkan Pendekatan Autentik dan Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma Tahun Akademik 2017/2018”. Tesis. Universitas Sanata Dharma.
Setyosari, Punaji. (2014). “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas”. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Vol. 1(1): 20-30. Diakses dari
https://media.neliti.com/media/publications/334633-menciptakan-pembelajaran-yang-efektif-da-06bf8967.pdf
Zulfa. (2015). “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Melalui Jurnal Harian Siswa Kelas IV MI Nurul Ilmi Bogor”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses dari
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34411/1/TASYA%20RATIH%20ZULFA-FAH.pdf
DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v10i2.29606 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201
Indexing by: