Perspektif Najwa Shihab dalam Tragedi Kanjuruhan: Kajian Wacana Kritis Nourman Fairclough

Lutfi Syauki Faznur, Yumna Rasyid, Miftahulkhairah Anwar, Matteo D'Agostino

Abstract


Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pasca pertandingan Arema FC vs Persebaya menuai perhatian banyak masyarakat dalam dan luar negeri. Tragedi yang telah menghilangkan korban dalam jumlah yang banyak mengakibatkan beberapa tokoh ikut berbicara, salah satunya adalah Najwa Shihab, seorang news anchor dan presenter talkshow professional yang memiliki kompetensi komunikasi yang sangat baik Ketika melakukan praktik komunikkasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi Najwa Shihab dalam menanggapi tragedi Kanjuruhan yang di kemas dalam kajian wacana kritis yang dikembangkan oleh Nourman Fairclough. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan teoritis analisis wacana kritis Nourman Fairclough. Penelitian ini akan mengkaji melalui tiga tradisi Nourman Fairclough analisis teks discourse practice, dan sociocultural practice . Hasil penelitian menunjukkan adanya temuqn mengenai representasi masyarakat terhadap pertaaggungjawaban tragedi Kanjuruhan.  Aspek kebahasaan diksi dan penggunaan kalimat yang digunakan oleh Najwa Sihab telah menempatkan representasi masyarakat Indonesia terhadap ketidakbecusan pelaksana sepak bola. Keberpihakan Najwa Sihab pada korban tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan produksi teks yang dihasilkan menimbulkan citra negatif terhadap pihak tertentu.

Keywords


tragedy kanjuruhan; najwa shihab; wacana kritis nourman Fairclough

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. 2012. Analisis Wacana Kritis: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS Group.

Fairclough, Norman. 1992. Discourse and Text: Linguistic and Intertextual Analysis Within Discourse Analysis. Sage Journal. Vol. 3(2). 193-217. London, New Bury Park, and Delhi.

Fairclough, Norman. 1995. Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. London and New York: Longman Group Limited.

Fairclough, Norman dan Ruth Wodak. 1997. Critical Discourse Analysis: An Overview dalam: Teun van Dijk (Ed.). Discourse and Interaction. London: Sage Publication.

Halimah, Siti Nurul dan Hilda Hilaliyah. 2019. Gaya Bahasa Sindiran Najwa Shihab dalam Buku Catatan Najwa. Deiksis. Vol. 11, No. 02. 157-165

Kartikasari, Sinta. Analisis Wacana Kritis Nourman Fairclough terhadap Pemberitaan Jokowi Naikkan Iuran BPJS di Tengah Pandemi. Jurnal An-Nida, Vol. 12, No.2.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lukman, Eduard. Tragedi Kanjuruhan. Kompas.com. 12 Oktober 2022.

Permita, Moulidvi Rizki. Bencana Lumpur Lapindo: Analisis Wacana Kritis Nourman Fairclough. Jalabahasa. Vol. 15, No.2

Ritonga, Syaira Arlizar. 2017. Analisis Tokoh (Najwa Shihab) Berdasarkan Teori Komunikasi Antarpribadi. Simbolika. Vol. 3 (2). 71-77.

Sholikhati, Nur Indah, dkk. 2017. Analisis Tekstual dalam Konstruksi Wacana Berita Korupsi di metro TV dan NET dalam Persepektif Analisis Wacana kritis Nourman Fairclough. Seloka. Vol 6, No. 2.

Subarkah, Muhammad. Tragedi Kanjuruhan dan Rendahnya Budaya Malu Bangsa Kita. Republika co. id. 20 Oktober 2022

Sumarti, Endang. 2010. Analisis Wacana Kritis: Metode Analisis dalam Persepektif Nourman Fairclogh. Jurnal bahasa Lingua Scientia. Vol. 2, No. 2. 157-167.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v10i2.30239 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...