ANALISIS PENGARUH HARGA JUAL DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN AYAM POTONG DI UD. SUPPLIER DAGING AYAM KOTA TANGERANG

Achmad Tjachja Nugraha, Dwi Risky

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial maupun simultan Harga jual, pasokan ayam, transportasi memiliki pengaruh terhadap saluran distribusi. Kemudian faktor Harga jual, pasokan ayam, transportasi dan saluran distribusi memiliki pengaruh terhadap volume penjualan. Selain itu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung variabel harga jual produk terhadap volume penjualan melalui saluran distribusi. Kemudian pengaruh variabel  pasokan ayam terhadap volume penjualan dan pengaruh total dari pasokan ayam terhadap volume melalui saluran distribusi terhadap volume penjualan. Kemudian pengaruh langsung variabel transportasi terhadap volume penjualan dan pengaruh total dari transportasi melalui saluran distribusi terhadap volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi, dan analisis jalur (Path Analysis).  Dari hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh kontribusi secara signifikan antara variabel Harga Jual Produk terhadap Saluran Distribusi, antara variabel Pasokan Ayam terhadap Saluran Distribusi, antara variabel Transportasi terhadap Saluran Distribusi, antara variabel Harga Jual Produk terhadap Volume Penjualan, antara variabel Pasokan Ayam terhadap Volume Penjualan, antara variabel Saluran Distribusi terhadap Volume Penjualan. Namun diketahui bahwa tidak ada pengaruh signifikan kontribusi antara variabel Transportasi terhadap Volume Penjualan. Berdasarkan analisis jalur, pengaruh langsung variabel Harga Jual Produk terhadap Volume Penjualan sebesar 0,640 dan pengaruh total dari Harga Jual Produk terhadap Volume Penjualan melalui Saluran Distribusi sebesar 0,749. Pada pengaruh langsung variabel Pasokan Ayam terhadap Volume Penjualan sebesar 0,206 dan pengaruh total dari Pasokan Ayam terhadap Volume Penjualan melalui Saluran Distribusi sebesar 0,278. Pada pengaruh langsung variabel Transportasi terhadap volume Penjualan sebesar -0.044 dan pengaruh total dari Transportasi terhadap Volume Penjualan melalui Saluran Distribusi sebesar -0.054.


Keywords


Harga; Saluran Distribusi; Transportasi; Volume Penjualan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v9i2.5291 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

DR. Ir. Elpawati, MP.
Jln. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
» Tel / fax : (021) 7493315 / (021) 7493315


View My Stats