ANALISIS PENGUATAN MEREK DALAM MEMBENTUK EKUITAS MEREK PADA MINUMAN SARI BUAH BB (Studi Kasus: Mahasiswa (end user) di Fakultas Sains dan Teknologi)

Resti Lusan Nugrahaini, Nunuk Adiarni, Mudatsir Najamuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis respon konsumen terhadap karakter dari merek BB, (2) Menganalisisrespon konsumen terhadap penguatan bagi merek BB, (3) Menganalisis tingkat ekuitas merek BB bagi konsumen. Penelitian dilakukan pada mahasiswa (end user) di Fakultas Sains dan Teknologi dari bulan Mei-September 2014. Menggunakan dua jenis penelitian, yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Terdapat dua unit analisis data pada penelitian yaitu informan dan responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan  pendekatan purposive. Calon  responden  harus  memiliki  kriteria  tertentu,  yaitu  responden  yang  dipilih merupakan konsumen minuman sari buah. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Rao. Kesimpulan yang diperoleh yaitu: (1) Responden merespon positif karakter merek yang melekat pada BB. Karakter dari BB terdapat pada identitas merek yang melekat pada merek tersebut. Karakter tersebut dapat direspon oleh responden sebagai karakter dari merek BB, (2) Penguatan merek terhadap BB direspon dengan positif oleh responden. Pengutan merek BB dilakukan dengan memberikan tiga hal, yaitu Customer Value, manfaat fungsional dan manfaat emosional, (3) BB berhasil mencapai tingkatan top of mind bagi 53% responden. Merek tersebut banyak dipikirkan dan dicari oleh responden saat mereka membutuhkan sebuah minuman sari buah dalam kemasan. Sedangkan saran yang dapat diberikan penulis adalah: (1) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah sampel penelitian sehingga dapat diperoleh hasil penelitian dengan tingkat generalisasi yang lebih tinggi,  menambah cakupan wilayah pengambilan sampe, dan melengkapi dengan wawancara langsung kepada responden untuk memperoleh data yang lebih berkualitas, (2) Perlunya penguatan merek berkelanjutan untuk menanamkan pengetahuan konsumen atas merek.


Keywords


Merek; karakter merek; pelabelan; nilai konsumen; fungsional dan keuntungan emosinal; ekuitas merek; relevansi; konsistensi; diferensiasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v8i2.5137 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

DR. Ir. Elpawati, MP.
Jln. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
» Tel / fax : (021) 7493315 / (021) 7493315


View My Stats