ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN IKAN BANDENG DESA TAMBAK SARI, KECAMATAN TIRTAJAYA, KABUPATEN KARAWANG

E, Elpawati, Teguh Budiyanto, Z, Zulmanery

Abstract


Tujuan penelitian yang  dicapai yaitu : (1) Menganalisis saluran pemasaran ikan bandeng yang terjadi di Desa Tambak Sari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (2) Menganalisis efisiensi saluran pemasaran ikan bandeng dengan analisis margin pemasaran, rasio keuntungan dan biaya serta  farmer’sshare. Analisis perilaku pasar digunakan untuk meliput kegiatan yang tercipta diantara lembaga-lembaga pemasaran. Analisis perilaku pasar tersebut meliputi praktek lembaga-lembaga pemasaran. Analisis margin pemasaran digunakan untuk melihat tingkat efisiensi teknis ikan bandeng. Margin pemasaran merupakan perbedaan harga yanga terjadi di tingkat produsen (harga jual) dengan harga ditingkat konsumen (harga beli). Margin pemasaran dihitung berdasarkan hasil pengurangan harga penjualan dengan harga pembelian pada setiap lembaga pemasaran.Hasil penelitian didapatkan adalah 1. Pemasaran ikan bandeng di Desa Tambak Sari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang terdapat tiga pola saluran yaitu :Saluran I:Petambak, Pedagang Pengecer, Konsumen. Saluran II:  Petambak,Pedagang Besar, Pedagang Pengecer,Konsumen. Saluran III:  Petambak, Pedagang Pengumpul,Pedagang Besar,Pedagang Pengecer,Konsumen. Efisiensi Pemasaran Berdasarkan hasil penghitungan bahwa saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran (I), menggunakan konsep biaya pemasaran yang dilakukan dengan biaya terendah untuk komoditas ikan bandeng yaitu Rp 1.335 dan B/C Rasio besar yaitu 22,45. Berdasarkan perhitungan efisiensi pemasaran menggunakan konsep mampu mengadakan pembagian yang adil dari keseluruhan harga yang dibayar konsumen terakhir kepada semua pihak yang ikut serta di dalam kegiatan produksi dan pemasaran untuk komoditas ikan bandeng bahwa saluran pemasaran ikan bandeng yang efisien adalah saluran pemasaran (III). Keuntungan yang diterima lembaga pemasaran hampir merata yaitu, keuntungan petambak Rp 4.000, pedagang pengumpul Rp 760, pedagang besar Rp 1.010, Pedagang pengecer Rp 2.920.


Keywords


saluran pemasaran; ikan bandeng ; efisiensi saluran pemasaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v8i1.5131 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRefCrossRefCrossRef

CrossRefCrossRefCrossRef

ISSN:1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

Dr., Ir. Elpawati, M.P.

+62813-8466-6693
Chief Editor Agribusiness Journal
Department of Agribusiness Faculty Sains and Technology
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia
Jl. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
Tel : +62 877 8030 2523 (WhatsUp Text Only)
Email: agribusiness.journal@uinjkt.ac.id

 

 

View My Stats