FAKTOR MOTIVASIONAL NIAT PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI GRABFOOD DI INDONESIA

Yuniwati Yuniwati Yuniwati

Abstract


Perkembangan teknologisaatini mendorong munculnya gaya hidup serba cepat, serba mudah, dan serba instan dalam semua aspek kehidupan termasuk mobilitas dan penyediaan kebutuhan dasar manusia. Untuk menjamin kebutuhan masyarakat tersebut, saat ini telah lahir perusahaan penyedia transportasi online salah satunya adalah Grab. GrabFood merupakan fitur yang terdapat dalam Grab yang sudah ada sejak tahun 2016. Munculnya GrabFood tidak langsung diterima oleh masyarakat, melainkan terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan penggunaan GrabFood. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) dimana TAM bertujuan untuk menyelidiki cara suatu faktor eksternal memengaruhi sikap, niat, dan perilaku melalui tanggapan terhadap beberapa variabel yang digunakan dalam penelitian sebelumnya. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitis. Penentuan lokasi sampel dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengankuesioner secara onlinedan pencatatan. Metode penentuan responden adalah purposive samplingdengan jumlah responden sebanyak100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresilinierberganda.Hasil penelitianinimenunjukkan bahwa faktor yang memotivasi niat pembelian makanan dan minuman melalui GrabFood di Indonesia adalah persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, persepsi hedonis, dan potongan harga, sedangkan faktor yang paling dominan berpengaruh adalah persepsi kemudahan.


Keywords


GrabFood, Perilaku Konsumen, Niat Pembelian, TAM, Modified TAM

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v14i1.16309 Abstract - 0 Untitled - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRef CrossRef

ISSN : 1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

DR. Ir. Elpawati, MP.
Jln. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
» Tel / fax : (021) 7493315 / (021) 7493315


View My Stats