Urgensi Pendidikan Spiritual dalam Hadist (Kajian Hadist Tematik)

Authors

  • Muh. Karumiadri Universitas Islam Negeri Alaudin, Makassar
  • Tasmin Tangareng Universitas Islam Negeri Alaudin, Makassar
  • Tasbih Universitas Islam Negeri Alaudin, Makassar
  • Fahmi Akhyar Al Farabi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15408/quhas.v14i1.44462

Keywords:

Pendidikan spiritual, Islam, hadis, tantangan modern, pembentukan karakter

Abstract

Di tengah derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi, masyarakat modern menghadapi krisis moral yang semakin kompleks, seperti individualisme, materialisme, dan degradasi spiritual. Pendidikan spiritual Islam menjadi solusi untuk mengatasi tantangan ini melalui pengembangan hati dan karakter berbasis nilai-nilai Qur’ani dan hadis. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk menganalisis peran pendidikan spiritual Islam dalam membentuk generasi berakhlak mulia dan tangguh menghadapi tekanan zaman modern. Dua hadis utama dianalisis: pertama, pentingnya memahami ilmu agama sebagai tanda kebaikan, dan kedua, menjaga hati sebagai pusat amal. Hadis-hadis ini relevan untuk menjawab masalah sosial masa kini, seperti meningkatnya tingkat stres, rendahnya empati, dan ketidakpedulian sosial. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan spiritual dapat menjadi landasan pembentukan karakter, memberikan keseimbangan emosional, dan menciptakan masyarakat yang harmonis. Dengan mengintegrasikan ajaran agama dalam pendidikan modern, Indonesia dapat mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia.

References

Al-Asqalani, I. H. (2018). Fathul Bari’ Syarah Shahih Al-Bukhari Jilid 1. Pustaka Imam Syafii.

Al-Ghazali. (1989). Ihya Ulumuddin: Kebangkitan Ilmu-Ilmu Agama (P. P. T. I. Yakub (ed.)). Pustaka Nasional.

Al-Jauziyah, I. Q. (2005). Fawaidul Fawaid (P. S. A. bin H. Al-halabi (ed.)). Pustaka Imam Syafii.

Al-Utsaimin, S. M. B. S. (2010). Syarah Shahih Al-Bukhari 1. Darus Sunnah.

As-Sa’di, S. A. B. N. (2018a). Tafsir Al-Karim Ar-Rahman Fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Edisi Indonesia: Tafsir Al-Qur’an Jilid 5. Darul Haq.

As-Sa’di, S. A. B. N. (2018b). Tafsir Al-Karim Ar-Rahman Fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Edisi Indonesia: Tafsir Al-Qur’an Jilid 6. Darul Haq.

Astuti, N. Y. (2022). Hadits Tentang Pendidikan Akhlak dan Pendidikan Sosial. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, Vol. 5(2).

BahriBahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, Vol. 01(1), 13.

Dits Prasanti, D. R. F. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, Vol. 2(1), 44.

Hikmat Basyir, Hazim Haidar, Musthafa Muslim, A. A. I. (2018). Tafsir Muyassar Jilid 1. Darul Haq.

Indonesia, P. R. (2003). UUD 2003 No. 20: Sistem Pendidikan Nasional. Lembaga Negara RI.

Iskandar, A. B. (2023). Tiga Macam Hati menurut Ibnul Qayyim al-Jauzi. Hidayatullah.Com.

Musthofa. (2019). Pendidikan Spiritual Dalam Pembentukan Karakter Siswa Perspektif Al-Qur’an. Disertasi, 50.

Nuralifya, A., Taftazani, D., Putri, S., Rahman, F. O., & Auliani, F. (2025). Pentingnya Kebersihan dalam Perspektif Islam : Pendekatan Holistik untuk Kesehatan Fisik dan Spiritual. Vol. 2(2), 47. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.508

Nurlaila, N., & Almuzammil, M. (2022). Hubungan Ilmu dan Amal dalam Al-Qur’an. TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, Vol. 7(2), 217. https://doi.org/10.22373/tafse.v7i2.12844

Purwasetiawatik, T. F., Ahmad, L. O. I., & Ali, M. (2023). Konsep Spiritual Teaching dalam Perspektif Hadis. Jurnal Diskursus Islam, 11(3), 388–401. https://doi.org/10.24252/jdi.v11i3.44819

Radiani, W. A. (2019). Kesehatan Mental Masa Kini Dan Penanganan Gangguannya Secara Islam. Journal of Islamic and Law Studies, Vol. 3(1), 102.

Ratnasari, K. (2020). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter Sosial dalam Bermasyarakat. Falasifa, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 02(2).

Saepudin, A. (2022). Islamic Education in the Context of Globalization : Facing the Challenges of Secularism and Materialism. International Journal of Science and Society, 4(No. 01), 393.

Samiev, A. (2020). Directions Of Spiritual and Moral Education Of Youth. European Journal of Research and Reflection in Educational Science, 8(No. 8), 44. https://doi.org/www.idpublications.org

Samsul Arifin. (2020). Kecerdasan Spiritual (SQ) Sebagai Faktor Pendukung Hasil Belajar Siswa. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12(2), 204. https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.103

Sasmita, M. (2024). Islamic Education as The Spiritual and Moral Foundation Of The Young. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(No. 03), 859.

Sugala, R. (2018). Pendidikan Spiritual Keagamaan (Dalam Teori dan Praktik). Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), Vol. 01(02), 13.

Suhartawan, B. (2023). ADAB AHLUL QUR ’ AN PERSPEKTIF IMAM NAWAWI ( Analytic Study of the Book of At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur ’ an ). TAFAKKUR : Jurnal Ilmu Al- Qur ’ an Dan Tafsir, Vol. 04, 4.

Syaikh, D. A. B. M. A. (2019a). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1. Pustaka Imam Syafii.

Syaikh, D. A. B. M. A. (2019b). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4. Pustaka Imam Syafii.

Tarmizi. (2017). Pendidikan Rohani Dalam Al-Quran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 02(2).

Yasir, A., & Amin, A. (2025). Isu Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, Vol. 2(1), 245. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i1.598

Zhou, Z., Tavan, H., Kavarizadeh, F., Sarokhani, M., & Sayehmiri, K. (2024). The relationship between emotional intelligence, spiritual intelligence, and student achievement: a systematic review and meta-analysis. BMC Medical Education, 24(No. 01), 3. https://doi.org/10.1186/s12909-024-05208-5

Additional Files

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Urgensi Pendidikan Spiritual dalam Hadist (Kajian Hadist Tematik). (2025). JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 14(1), 204-215. https://doi.org/10.15408/quhas.v14i1.44462