ANALISIS FRAMING MAKNA “ISLAM DAMAI” DALAM PERSPEKTIF DAMAI INDONESIAKU TVONE
Abstract
Islam adalah agama yang cinta damai dan rahmat bagi seluruh alam, hal ini tertuang dalam surat Al-Anfaal ayat 61. Kata damai dimaknai sebagai tidak adanya perang atau konflik dan kekerasan. Faktor penyebab terjadinya suasana damai adalah ketika individu memiliki rasa kedamaian dalam diri sendiri, memiliki kemampuan untuk mengontrol emosi dan pikirannya agar tidak melakukan tindakan yang merugikan orang lain serta bisa memicu terjadinya konflik dan kekerasan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis framing makna “Islam Damai” dalam perspektif Damai Indonesiaku TVOne. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, analisis framing model Zhongdang Pan dan M. Kosicki. Metode analisis Pan dan Kosicki terdiri dari struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepustakaan (library research), dan penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan framing makna “Islam Damai” dalam perspektif Damai Indonesiaku TVOne, pertama sebagai upaya untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain walaupun dilahirkan dengan berbeda keyakinan. Kedua upaya untuk menjaga bangsa baik saudara semuslim (ukhuwah islamiyah), saudara sebangsa (ukhuwah wathaniyah) dan saudara sesama manusia (ukhuwah insaniyah). Ketiga upaya untuk saling memberi nasihat satu sama lain dan melampangkan diri menerima serta menghormati perbedaan pendapat orang lain. Keempat upaya untuk saling menjaga perdamaian, kerukunan, keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa dan negara serta melestarikannya, maka akan ada keberkahan dan kedamaian didalamnya. sehingga hidup akan menjadi lebih nikmat dan tentram serta jauh dari kata konflik.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Al-Hakim, L. (2020). Konstruksi Realitas Simbolik Makna “Islam Damai” dalam Program Damai Indonesiaku TVOne. In Thesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Al-hakim, L., Rolando, D. M., & Alfafa, S. R. (2021). TEKNIK PRODUKSI TVONE DALAM PROGRAM “DAMAI INDONESIAKU.” Jurnal Komsospol, Volume 1,.
Chaer, M. T. (2017). Islam dan Pendidikan Cinta Damai. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 73. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.363
Departemen Agama RI. (2002). Mushaf Al-Qur’an Terjemah. Kelompok Gema Insani.
Department of International & Transcultural Studies (Ed.). (2006). Fundamental Concepts of Peace Education. Columbia Univerity.
Eriyanto. (2002). Analisis Framing Kontruksi, ideologi, dan Politik Media. LKiS Group.
Erving, G. (1974). Frame Analysis: As Esseay on the Organization of Experience. Harper COLOPHON.
Jhon W. Cresswell, V. L. P. C. (2007). Designing and Conducting Mixed Methods Research. In Australian and New Zealand Journal of Public Health (Vol. 31, Issue 4). SAGE Publications Inc Publication City/Country Thousand Oaks. https://doi.org/10.1111/j.1753-6405.2007.00096.x
Lina Wati, S. Y. (2021). Analisis Framing Rencana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Dalam Video “Dilema Ibu Kota Baru: Selamatkan Jakarta, Korbankan Kalimantan?” Pada Channel Youtube Bbc News Indonesia. Jurnal INTERAKSI PERADABAN Komunikasi Dan Penyiaran Islam FDIKOM UIN JAKARTA, 1(2), 111–127.
Roni Ismail. (2013). ISLAM DAN DAMAI (Kajian atas Pluralisme Agama dalam Islam). Studi-Studi Agama, Vol. IX, N, 38–58.
Syukriyawati, I. (2010). Analisis isi pesan dakwah dalam acara Damai Indonesiaku TVOne. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/4046%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4046/1/IIN SYUKRIYAWATI-FDK.pdf
Uraidi, A. (2011). Respon mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam terhadap program damai Indonesiaku di Tvone. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/5112
Wajdi, F. (2009). Ayat-Ayat Damai dalam Al- Qur’an. 5(1), 10–13.
Dokumentasi TVOne 2009-2019.
DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v3i1.32329 Abstract - 0 DOWNLOAD PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.