POLA KOMUNIKASI PERSUASIF PEMROSESAN INFORMASI DALAM FENOMENA AKTIVITAS DAKWAH KOMUNITAS TERANG JAKARTA

Dwi Arini Yuliarti, Tantan Hermansah, Fita Fathurokhmah

Abstract


Dakwah sebagai gerakan moral bertujuan mengubah akhlak tercela menjadi akhlak yang mulia. Metode dakwah yang bersifat konservatif, saat ini kurang relevan lagi dalam menjawab kebutuhan riil masyarakat yang selalu berkembang. Studi ini ingin menjawab “bagaimana pola komunikasi persuasif pemrosesan informasi dalam fenomena aktivitas dakwah komunitas Terang Jakarta”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Selain itu penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi yang merupakan upaya untuk menjelaskan makna pengalaman hidup sejumlah individu, tentang suatu konsep atau gejala. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Komunikasi Persuasif dan Fenomenologi Alfred Schutz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan formula komunikasi persuasif aktivitas dakwah yang dijalankan oleh komunitas Terang Jakarta baik dari program-program, pendekatan, hingga materi dakwah disesuaikan dengan realitas sosial komunitas tersebut dan bersifat subtantif. Aktivitas dakwah tersebut mencerminkan formula komunikasi persuasif  melalui lima tahapan yang diformulasikan dalam AIDDA. Pertama, Attention (perhatian) yakni dengan mengatur gaya busana dan bahasa Da’I menyesuaikan dengan sasaran dakwahnya. Mengangkat topik-topik kajian mengikuti trend dan gaya hidup yang sedang berkembang di kalangan anak muda serta menggunakan bahasa inggris dan bahasa khas anak muda. Kedua, Inters (minat) yakni dengan mendesain kajian keagamaan yang terkesan santai dan tidak kaku serta menciptakan support system dalam komunitas. Ketiga, Desire(hasrat) yakni dengan memberikan wadah berbagi pengalaman untuk menumbuhkan hasrat berbagi dan meringankan masalah yang dihadapi oleh jamaah. Keempat, Decision (keputusan) yakni dengan mengarahkan jamaah untuk berubah ke arah yang lebih baik dengan merubah mindset jamaah. Kelima, Action (tindakan) yakni perubahan jamaah dari segi perilaku dan kebiasaan hingga harapan di masa datang. Dengan mengedepankan akhlak dan adab, komunitas Terang Jakarta fokus pada perbaikan akhlak para jamaahnya. 


Keywords


Komunikasi Persuasif, Pemrosesan Informasi, Aktivitas Dakwah, Komunitas Terang Jakarta.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Buku

Arifin, Anwar. Dakwah Kontemporer: Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

BPS. Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2018.

Dhavamony, Mariasusai. Fenomenologi Agama. Yogyakarta: Kanisius, 1995.

Hendri, Ezi. Komunikasi Persuasif Pendekatan Dan Strategi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Ilaihi, Wahyu. Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Ismail, Ilyas. The True Da’wa (Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial). Jakarta: Prenamedia Group, 2018.

Kuswarno, Engkus. Fenomenologi (Konsepsi, Pedoman Dan Contoh Penelitian). Bandung: Widya Padjajaran, 2009.

Munir, M. Metode Dakwah. Jakarta: Kencana, 2006.

Rahmat, Jalaludin. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Tankard, Werner J Severin & James W. Teori Komunikasi (Sejarah, Metode, Dan Terapan Di Dalam Media Massa). Jakarta: Kencana, 2011.

Yuswohady. Gen M #GENERATIONMUSLIM “Islam Itu Keren.” Jakarta: Mizan, 2017.

Jurnal

Aridhona. "Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Pasca Kesembuhan Pada Remaja Penyalahgunaan Narkoba Di Banda Aceh." Jurnal Sains Psikologi, Jilid 6, Nomor 2 (2017): 45.

Atabik, Ahmad. “Konsep Komunikasi Dakwah Persuasif dalam Perspektif Al-Qur’an.” AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 2, no. 2 (2014): 117–136.

Dianto, Icol. “Peranan Dakwah dalam Proses Pengembangan Masyarakat Islam.” HIKMAH 12, no. 1 (2018): 98–118.

Nasrullah, Rulli. “Konstruksi Identitas Muslim Di Media Baru.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 5, no. 2 (2011): 221–234.

Nisa, Eva F. "Creative and Lucrative Da'wa: The Visual Culturw of Instagram amongst Female Muslim Youth in Indonesia." Asiascape: Digital Asia 5 (2018): 68-99.




DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v2i1.25505 Abstract - 0 DOWNLOAD PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.