Peran Majelis Taklim Hidayatul Falah dalam Meningkatkan Pemahaman Fikih Ibadah Siswa SMP
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Majelis Taklim Hidayatul Falah dalam meningkatkan pemahaman fikih ibadah siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendektan deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Majelis Taklim Hidayatul Falah memiliki kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan pemahaman fikih ibadah siswa. Pembelajaran pada majelis Taklim ini menggunakan sumber belajar kitab-kitab para ulama terdahulu yang penyampaiannya menggunakan metode bandongan, serta diskusi, dan praktik langsung yang membuat siswa lebih paham tentang materi yang diajarkan. Pembelajaran yang dilakukan di Majelis Taklim Hidayatul Falah ini tidak hanya memahami teori saja namun juga materi yang diajarkan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman yang didapat siswa melalui pembelajaran ini meningkatkan pemaham siswa dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik juga. Lingkungan yang fleksibel juga membantu siswa berdiskusi dan bertanyan terkait materi dengan rasa nyaman. Dengan demikian, peran Majelis Taklim Hidayatul falah sebagai salah satu lembaga pendidikan non-formal dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pemhaman keagamaan siswa khususnya pada materi fikih ibadah bagi siswa yang tidak mendaptkan pendiidkan pesantren secara menyeluruh.
Full Text:
PDFReferences
Anggreni. (2017). Experential Learning (Pembelajaran Berbasis Mengalami). AT-THULAB: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 187–188. https://www.researchgate.net/publication/343015145_Experential_Learning_Pembelajaran_Berbasis_Mengalami
Anjani, D., Setia Priatna, O., & Mukri, S. G. (2021). HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHOLAT SISWA DI MTS NURUL IHYA KOTA BOGOR. Fikrah: Journal of Islamic Education, 5(1), 89.
Anshori, M. (2021). Fiqih Ibadah (Teten. J. Hayat, Ed.; 1st ed.). Guepedia.
Aris. (2022). ILMU PENDIDIKAN ISLAM (1st ed.). Yayasan Wiyata Bestari Samasta. http://wbs-indonesia.com/
Azra, A. (2004). Thw Origins Of Islamic Reformism In Southeast Asia (V. Hooker & D. Carroll, Eds.; 1st ed.). Allen & Unwin.
Choirudin, A. A., & Astutik, A. P. (2024). PERAN MAJLIS TAKLIM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI MELALUI SIRAH NABAWI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 846–847. https://doi.org/10.14341/conf22
Habsy, B. A., Christian, J. S., M, S. U. S. P., & Unaisah, U. (2023). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif dan Konstruktivisme serta Penerapannya. TSAQOFAH, 4(1), 308–325. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2177
Hanum, A., & Arief, A. (2024). PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH UMUM. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 2246–6111.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Retrieved February 1, 2025, from https://kbbi.web.id/bandongan
Kasdini, Y. A. (2024, October 5). Apa Itu Santri Kalong? Ini Pengertian dan Fenomena Unik di BalApa Itu Santri Kalong? Ini Pengertian dan Fenomena Unik di Baliknya. Detik.Com.
Khoiriyah, F., Jennah, M., Wicaksono, M. B., & Susetyo, A. M. (2025). Kajian Literatur : Problem Solving Seorang Pendidik dalam Menghadapi Tantangan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Morfologi: Jurnal Pendidikan, Sastra Dan Budaya, 3(1), 331–347. https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i1.1389
Mahrum. (2023). Implementasi Pembelajaran Fiqih Ibadah Dalam Meningkatkan Kesadaran Ibadah Shalat Fardhu Peserta Didik (Studi KasusDi MTs NW Ijobalit) Kecamatan Labuhan haji Kabupaten LombokTimur [Tesis]. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram.
Mardeli. (2015). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (1st ed.). NoerFikri Offset.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2019 Tentang majelis Taklim. (2019). www.peraturan.go.id
Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin, Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (N. Saputra, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://www.researchgate.net/publication/370561417
Rizkiyah, F. N., & Ainah, W. (2023). Peran Majelis Taklim Anwarul Mahabbah dalam Membentuk Karakter Religius Remaja. Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS), 1(1), 117–120. https://doi.org/10.38073/aijis.v1i1.1379
Rosidah, R. M., & Rinaningsih. (2022). Implementasi Metode Bandongan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Asam Basa. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 594–598. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.594-598
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D (9th ed.). ALFABETA. CV.
Sugrah, N. (2019). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Humanika, 19(2), 121–123.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. (n.d.).
Usman, & Azhari, D. S. (2023). MUATAN FIQH IBADAH DALAM KAJIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 233.
Widiandari, F. (2022). ANALISIS PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL (MAJELIS TAKLIM) DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 129.
Zaman, B., & Munawaroh. (2020). PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN MASYARAKAT. Jurnal Penelitian, 14(2), 369–373. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2
Zulkifli. (n.d.). Fiqih dan Prinsip Ibadah dalam Islam. 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
TEJ, e-ISSN: 3064-4704, is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International