PENELITIAN TINDAKAN KELAS : MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IX F SMP NEGERI 1 JEBUS

Septe Rahanum

Abstract


Penelitian menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran. Diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran, maka siswa akan dapat lebih aktif sehingga hasil belajarnya pun meningkat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan Kelas. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata kelas yaitu 83 dengan tingkat persentase ketuntasan yakni 83,3% dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi ‘Beriman Kepada Hari Akhir’ di kelas IXF SMP Negeri 1 Jebus.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.et.al. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Rineka Cipta.

Arox. 2016. Pengertian Hasil Belajar menurut Para Ahli. Artikel. Diambil dari situs http://aroxx.blogspot.co.id, tanggal 20 Februari 2018.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. (http://bsnp- indonesia.org/id/wp-content/uploads/kompetensi/Panduan_Umum_KTSP.pdf, diakses 28 Agustus 2018).

Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. http://www.academia.edu/4257606/21_04_B1_Kriteria_dan_Indikator_Ke

berhasilan_Pemb elajaran, diakses 28 Agustus 2018).

. 2018. Pendekatan Scientifik. https://dunia.pendidikan.co.id/pendekatan-

saintifik, diakses 19 Oktober 2020).

Hamdani, Nizar Alam dan Dody Hermana. 2008. Classroom Action Research. Jakarta: Rahayasa.

Herianingtyas, N. L. R., Muyassaroh, I., & Kartini, J. (2023). Integrasi Model RADEC-Literasi Sains dalam Modul Ajar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 104-111.

Herianingtyas, N. L. R., Rohman, C., Widiyanto, R., & Amarulloh, R. R. (2023). AUTHENTIC ASSESSMENT TEACHING AND LEARNING TRAJECTORY WITH E-STUDENT ACTIVITY SHEET (E-SAS) TO IMPROVE THE QUALITY OF LEARNING PROCESS. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 7(2), 92-107.

Huda, Niamul. 2016. Pengertian Teknik Observasi. Artikel. Diambil dari situs http://pengertianpengertian.com, tanggal 16 Februari 2018.

Indriana, St. Zulfaidah. 2013. Pengertian dan Karakteristik PTK. Artikel. Diambil dari situs http://zulfaidah-indriana.blogspot.co.id, tanggal 21 Februari 2018.

Mundilarto, dkk. 2019. IPA Terpadu 1. Bogor: Quadar.

Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Badan PSDMPK-PMP.

Kemendikbud. 2014. Modul Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP.

Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Muchlisin Riadi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Diambil dari situs https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html, tanggal 19 Oktober 2020.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64-75.

Muyassaroh, I., & Herianingtyas, N. L. R. (2023). Enhancing elementary preservice teachers’ scientific literacy by using flipped problem-based learning integrated with e-campus. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(2).

Sukesih, Esih. 2013. Pengertian, Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Artikel. Diambil dari situs http://esihkeyc.blogspot.com/2013/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html, tanggal 17 April 2018.

Sukidin. dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cindekia.

Sulipan. 2010. Teknik Mudah Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Eksismedia Grafisindo.

. 2016. Pengembangan SDM dan Pengembangan Sekolah. Artikel. Diambil dari sirtus http://sulipan.wordpress.com, tanggal 19 Februari 2018).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yulia, S. 2012. Hasil Belajar dan Faktor-Faktornya. Artikel. Diambil dari situs https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cads.uny.ac.id%2F9vm=bv.91071109,d.dGY, tanggal 17 April 2018.

Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Baharuddin, & Esa Nur Wahyuni (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hisyam Zaini, dkk (2011). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta., 2002.

Dkk, Sukidin. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia, 2002.

M. bin Shalih Al-Utsaimin (2003). Prinsip-Prinsip Dasar Keimanan. Jakarta: Haiatul Ighatsah Al-Islamiah Al-Alamiah.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.