Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII.10 Melalui Penerapan Model Cooperative Script Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 25 Batam Tahun Pelajaran 2024/2025

Hanny Octora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan  model  pembelajaran  Problem  Based  Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 17 Gantung berjumlah 21 siswa,  yaitu 12  siswa  perempuan dan  9 siswa  laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui tes yang diperoleh dari setiap tindakan. Dari analisis data siklus I menunjukan siswa yang belum tuntas 9 siswa dengan persentase 73,1% dengan daya serap 57,1% dan pada siklus II peningkatan hasil belajar cukup meningkat yaitu siswa yang beum mencapai KKm sebanyak 2 orang dengan presetase 77,6% dengan daya serap 90,4 %.  Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada materi zakat di SD Negeri 17 Gantung.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).

Bandung: Yarman Widya.

Depdiknas. 2004. Matematika, Buku 3, Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program SLTP.

Diana, ND. 2015. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Pamotantahun Ajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hamalik O. 2005. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Huda, M. 2013.Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Referensi.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada. Jufri, A. W. 2013. Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung : Reka Cipta.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kementrian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian Kebijakan. 2016. Panduan Pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Satuan Pendidikan Tahun 2016. Jakarta. Kemendikbud

Kirana, Hendra. 2013. Pengaruh Bahan Ajar Handout Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas VII Materi Ekosistem Di SMP Negeri 3 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. [Skripsi]. Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP UNRIKA Batam.

Lestari I, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Mahmud Fitriadi. 2011. “Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator and Explaining”.Tersedia pada http://fitriadimahmud.blogspot.com/2011/11/model- pembelajaran-kooperatif-student.html (diakses 10 Agustus 2015).

Mawarsih, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (Jpft) Vol. 4 No. 3.

Mufrika, Tika. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (Studi Penelitian Eksperimen di Mts Manaratusl islam Jakarta). Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muslich, Masnur. 2008. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

NLR Herianingtyas, N Wafiqni, 2023, Evaluation Of The Implementation Of Science Literacy-Based Learning In Madrasah Ibtidaiyah, AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 15 (1), 97-114.

NLR Herianingtyas, A Marini, L Zakiah, Y Chen, 2023, Integration of the Pancasila Student Profile Strengthening Project with Design Thinking in the Merdeka Curriculum: Stimulating Students' Creative Thinking Skills, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society 10 (2), 237-250

Opi Pradita, dkk. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MIS Margapura Kecamatan Bolano Lambunu. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 5.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Pribadi BA. 2009. Model Desaian Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Purnitawati, Dian. 2011. Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa kelas IV di SD No 1 Beratan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar. Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siregar, S. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.Sudjana N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Statiska Untuk Penelitian. Bandung. Penerbit Alfabeta. Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, S. M. 2013. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Lombok: Holisca.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta :Penerbit Graha Ilmu .

Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (20).


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.