PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DBL ( KELAS 4 SDN 017 BUKIT BESTARI )

Deddy Peramana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna melalui penerapan metode Make a Match di kelas IV SDN 017 Bukit Bestari. Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP). Dengan menggunakan pendekatan Design Based Learning (DBL), penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan; pada siklus I, hanya 55% siswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat menjadi 85%. Hal ini mengindikasikan bahwa metode Make a Match efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk materi-materi lainnya di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fauhah, Humroul. 2021. Analisis Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa, (online), Vol. 9, No. 2 (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080), diakses 8 Oktober 2021.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khofiyah, Siti. 2020. Implementasi Model Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMP N 01 Kesesi, (online), Vol. 17, No. 1 (http://ejournal.uin- suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/article/view/3301) , diakses 8 Oktober 2021.

Moh Zainul Rasyid, dkk. Prestasi Belajar: Malang: Literasi Nusantara, 2019.

NLR Herianingtyas, I Muyassaroh, J Kartini, 2023, Integrasi Model RADEC-Literasi Sains dalam Modul Ajar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar 3 (2), 104-111.

NLR Herianingtyas, C Rohman, R Widiyanto, RR Amarulloh, 2023, AUTHENTIC ASSESSMENT TEACHING AND LEARNING TRAJECTORY WITH E-STUDENT ACTIVITY SHEET (E-SAS) TO IMPROVE THE QUALITY OF LEARNING PROCESS, JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) 7 (2), 92-107.

Supriatin, A.I. 2017. Penggunaan Kartu Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membedakan Jenis-Jenis Adaptasi, (online), Vol. 4,2 (https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/download/743/646) , diakses 8 Oktober 2021.

Sujariyah. 2017. Pendekatan Pembelajaran Make a Match pada Materi Pokok Asmaul Husna, (online), Vol. 2, No.2 (http://i- rpp.com/index.php/jpp/article/view/751), diakses 8 Oktober 2021.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sumarso, 2018. Mengenal siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas

SZ Mardliyah, AP Salsabilla, NLR Herianingtyas, 2023, Strategi Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Learning Community, Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6 (2), 102-109.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.