PENINGKATKATAN HASIL BELAJAR ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DESIGN BASED LEARNING (DBL) PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 PANGKALANBARU TAHUN AJARAN 2024-2025

Lasmita Fhatri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Peningkatan Hasil Belajar Asmaul Husna dengan Menggunakan Model Pembelajaran Design Based Learning (DBL) pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pangkalanbaru Tahun Ajaran 2024-2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut, yang terlihat dari nilai rata-rata kelas yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 75% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II yang dilaksanakan pada 9 September 2024 dengan menerapkan model pembelajaran Design Based Learning (DBL) sudah berjalan dengan sangat baik. Hasil belajar siswa telah mengalami kenaikan pada kriteria ketuntasan belajar. Jumlah siswa yang mencapai KKTP pada siklus II ini adalah 24 siswa dan yang tidak memenuhi KKTP adalah 0 siswa, dengan persentase ketuntasan belajar 100%

Full Text:

PDF

References


Anggareni, P., & Hidayat. 2022. A. F., Students creative thinking skills on differentiated instruction. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, (https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i4.161).

Arifin. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undangundang Sisdiknak. Catatan ketiga. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad Azhar. 2015. Media pembelajaran.Jakarta: Raja Grapindo Berliana, Nindia Prita. 2022. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 7 No 1

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Djamara, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamilik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hasan, Nur. 1994.Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia: Kurikulum Untuk Abad 21: Indikator Cara Pengukuran dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu Pendidikan. Jakarta: Sindo.

NLR Herianingtyas, E Edwita, G Yarmi, 2023, Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Analysis Model (RAM), JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) 9 (2), 293-300.

NLR Herianingtyas, N Wafiqni, 2023, Evaluation Of The Implementation Of Science Literacy-Based Learning In Madrasah Ibtidaiyah, AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 15 (1), 97-114.

NLRH Salsabilah, Dhiya Syafa, 2023, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK SISWA KELAS V DI MI/SD, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Huda, Miftakhul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mahmud. 2020.

Imam, Musbikin. 2007. Mendidik Anak Kreatif Ala Eisastein Yogyajarta: Mitra Pustaka

Jatmiko, B., Prahani, B. K., Imam Supardi, Z. A., Wicaksono, I., Erlina, N., Pandiangan, P., & Althaf, R. (2018). The Comparison of OR-IPA Teaching Model and Problem Based Learning Model Effectiveness to Improve Critical Thinking Skills of PreService Physics Teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(2), 300–319.https://www.proquest.com/openview/08d81f1b57ff852819ca0dfc123ed5e7/1?Pqorigsite=gscholar&cbl=4477238.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Majid, Abdul. 2014. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkuatmodjo, S. 2001. Satistika Lanjutan. Jakarta: Rineka Cipta. Mulyasa, E, 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya

Nana Sudjana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa Nasution, 2020. S. Didaktik Asas-asas mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nelson, D. 2006. The 6 ½ steps of Backwards Thinking™. Retrieved from http://www.cpp.edu/~dnelson/methodology/6.5steps.html. Nhem, L. 2015. Descriptive case study: Teachers’ application of DBL principles toward creating a common core-aligned curriculum. (Doctoral dissertation).

Nunuk Suryani dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001), 27

Permana, I. P. Y. S., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. W. (2021). The Effect of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approaches on Critical Thinking Skills Using PBL Learning Models. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 1– 15. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i1.9319.

Purba, M., Purnamasari, N., Rahma, I., Elisabet, S., & Susanti, I. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar (Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen 68 Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia).

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda

Rasyid, Harun dan Mansur. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima Dzafa,.Tengku, Zahara. 2020. Konstribusi Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar, (Jakarta : Balitbang Depdiknas.

Ratumanan, G. T., & L. 2006. Evaluasi Hasil Yang Relevan Dengan Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Alfabeta.

Risky Setiawan. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) Teori dan Praktik. (Yogyakarta: Nuha Medika).

Rohani, Ahmad. 2014. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Bhineka Cipta. Sa’ud, Udin. 2011. Inovasi pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta, Kencaca.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2010. Statistik Untuk Penelitian, Bandung Alfabeta Walginto, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Jakarta: PT. Bumi Aksara).

Suryosubroto. 2009. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2019. Psikologi Pendidikan (Dengan Pendekatan Baru). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Titik Indarti. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan Ilmiah. FBS Unesa.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yazar Soyadı, B. B. 2015. Creative And Critical Thinking Skills In Problem-Based Learning Environments.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.