PENINGKATKATAN HASIL BELAJAR ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DESIGN BASED LEARNING (DBL) PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 PANGKALANBARU TAHUN AJARAN 2024-2025
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggareni, P., & Hidayat. 2022. A. F., Students creative thinking skills on differentiated instruction. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, (https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i4.161).
Arifin. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undangundang Sisdiknak. Catatan ketiga. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad Azhar. 2015. Media pembelajaran.Jakarta: Raja Grapindo Berliana, Nindia Prita. 2022. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 7 No 1
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Djamara, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamilik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hasan, Nur. 1994.Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia: Kurikulum Untuk Abad 21: Indikator Cara Pengukuran dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu Pendidikan. Jakarta: Sindo.
NLR Herianingtyas, E Edwita, G Yarmi, 2023, Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Analysis Model (RAM), JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) 9 (2), 293-300.
NLR Herianingtyas, N Wafiqni, 2023, Evaluation Of The Implementation Of Science Literacy-Based Learning In Madrasah Ibtidaiyah, AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 15 (1), 97-114.
NLRH Salsabilah, Dhiya Syafa, 2023, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK SISWA KELAS V DI MI/SD, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Huda, Miftakhul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mahmud. 2020.
Imam, Musbikin. 2007. Mendidik Anak Kreatif Ala Eisastein Yogyajarta: Mitra Pustaka
Jatmiko, B., Prahani, B. K., Imam Supardi, Z. A., Wicaksono, I., Erlina, N., Pandiangan, P., & Althaf, R. (2018). The Comparison of OR-IPA Teaching Model and Problem Based Learning Model Effectiveness to Improve Critical Thinking Skills of PreService Physics Teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(2), 300–319.https://www.proquest.com/openview/08d81f1b57ff852819ca0dfc123ed5e7/1?Pqorigsite=gscholar&cbl=4477238.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Majid, Abdul. 2014. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangkuatmodjo, S. 2001. Satistika Lanjutan. Jakarta: Rineka Cipta. Mulyasa, E, 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya
Nana Sudjana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa Nasution, 2020. S. Didaktik Asas-asas mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nelson, D. 2006. The 6 ½ steps of Backwards Thinking™. Retrieved from http://www.cpp.edu/~dnelson/methodology/6.5steps.html. Nhem, L. 2015. Descriptive case study: Teachers’ application of DBL principles toward creating a common core-aligned curriculum. (Doctoral dissertation).
Nunuk Suryani dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001), 27
Permana, I. P. Y. S., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. W. (2021). The Effect of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approaches on Critical Thinking Skills Using PBL Learning Models. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 1– 15. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i1.9319.
Purba, M., Purnamasari, N., Rahma, I., Elisabet, S., & Susanti, I. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar (Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen 68 Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia).
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda
Rasyid, Harun dan Mansur. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima Dzafa,.Tengku, Zahara. 2020. Konstribusi Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar, (Jakarta : Balitbang Depdiknas.
Ratumanan, G. T., & L. 2006. Evaluasi Hasil Yang Relevan Dengan Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Alfabeta.
Risky Setiawan. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) Teori dan Praktik. (Yogyakarta: Nuha Medika).
Rohani, Ahmad. 2014. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Bhineka Cipta. Sa’ud, Udin. 2011. Inovasi pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta, Kencaca.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2010. Statistik Untuk Penelitian, Bandung Alfabeta Walginto, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Jakarta: PT. Bumi Aksara).
Suryosubroto. 2009. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. 2019. Psikologi Pendidikan (Dengan Pendekatan Baru). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Titik Indarti. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan Ilmiah. FBS Unesa.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yazar Soyadı, B. B. 2015. Creative And Critical Thinking Skills In Problem-Based Learning Environments.
Refbacks
- There are currently no refbacks.