Epistemologi Bayani Dan Irfani Dalam Perspektif Islam Dan Barat Sebagai Metodologi Keilmuan Lintas Tradisi
Abstract
Artikel ini membahas epistemologi bayani dan irfani dalam tradisi Islam serta relevansinya dengan epistemologi Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui kajian pustaka terhadap literatur yang membahas metodologi keilmuan Islam dan Barat. Epistemologi bayani berlandaskan teks wahyu dan penalaran deduktif, sedangkan irfani menekankan intuisi dan pengalaman spiritual. Dalam tradisi Barat, kedua pendekatan ini sering dipandang tidak ilmiah karena tidak berbasis empirisme dan rasionalitas. Namun, pemikiran kontemporer mulai membuka ruang bagi pendekatan non-rasional, seperti dalam fenomenologi dan eksistensialisme. Hasil kajian menunjukkan bahwa bayani dan irfani memiliki potensi untuk memperkaya metodologi ilmu melalui integrasi lintas tradisi yang lebih inklusif dan holistik.
Keywords
References
Afwadzi, Benny, “Interaksi Epistemologi Bayani, Burhani, dan Irfani dengan Pendidikan Agama Islam: Tawaran Interconnected Entities”, MJEMIAS, vol. 2, no. 1, 2023, pp. 28-37 [https://doi.org/10.69966/mjemias.v2i1.18].
Ahmad Muzammil, Syamsuri, Achmad Hasan Alfarisi. 2022. Bayani, Irfani and Burhani Epistemology as the Basic of Science Development in Islam. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies. Vol. 5 No.2
Ahmed, S. (2019). "Beyond Orientalism: Bayani and Irfani in Contemporary Western Discourse." Middle Eastern Studies, 55(3), 401-418
Asrofi, M. I. & El-Yunusi, M. Y. M., “Penerapan Epistemologi Bayani, Burhani, dan Irfani dalam Pembelajaran PAI”, MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol. 7, no. 1, 2024, pp. 86-97.
El-Bizri, N. (2020). "The Hermeneutics of Islamic Knowledge Systems: Bayani Approaches in Contemporary Context." Sophia: International Journal of Philosophy and Traditions, 59(2), 319-342
Elly Damayanti P., dkk. 2023. Western and Islamic Effectiveness of Ontology, Epistemology and Axiology of Science. Edumaspul : Jurnal Pendidikan. Vol. 7, page 457-464
Hadi, N. F & Afandi, N. K, “Literature Review is A Part of Research”, Sultra Educational Journal (Seduj), vol. 1, no. 3, 2021, pp.65
Hasyim, Mochamad, “Epistemologi Islam (Bayani, Burhani, Irfani), Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 3, no. 2, 2018, pp. 217-227 [DOI: 10.35891/amb.v3i2.1094]
Hendrizal, Beggy, M., Masduki, Roza, E., “Epistemologi Nalar Bayani, Burhani dan Irfani dalam Filsafat Pendidikan Islam”, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 7, no. 01, 2024, pp. 141-152 [Doi: 10.30868/im.v7i01.4998].
Kusuma, Wira Hadi, “Epistemologi Bayani, Irfani dan Burhani Al-Jabiri dan Relevansinya Bagi Studi Agama Untuk Resolusi Konflik dan Peacebuilding”, Syi’ar, vol. 18, no. 1, 2018, pp. 1-19 [http://dx.doi.org/10.29300/syr.v18i1.1510].
Lily Sardiani Daulay, dkk. 2022. Epistemologi Filsafat Dan Sains Persfektif Barat Dan Islam Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Vol. 4, No. 3 : 408-421
Mahbub Setiawan, 2013. Kontemplasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin. Vol. 1, No. 1
Mikrot & Anwar. A, “Metodologi Pengembangan Keilmuwan (Epistimologi II) Dalam Perspektif Islam dan Barat”, Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5 no. 2, 2023, pp.708-709 [https://doi.org/10.55338/saintek.v5i2.2343]
Muzammil, A., Syamsuri, Alfarisi, A. H, “Bayani, Irfani, and Burhani Epistemology as the Basic of Science Development in Islam”, Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, vol. 5, no. 2, 2022, pp. 284-302 [https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5773]
Moosa, E. (2015). "Islamic Knowledge Traditions in the Western Academy: Challenges and Opportunities." Journal of Islamic Studies, 26(2), 170-191.
Nasr, S. H. & Chittick, W. C. (2019). "Traditional Epistemologies in a Modern Context: Reviving Irfani Knowledge in Contemporary Discourse." Islamic Studies, 58(1), 5-27.
Syah Budi, 2016. Epistemologi Islam dan Barat. Tasamuh : Jurnal Studi Islam. Volume 8, Nomor 2, 173-196
DOI: 10.15408/tadabbur.v4i1.47318
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.