Korelasi Hak Asasi Manusia dan Hukum Islam

Daniel Alfaruqi

Abstract


Abstract.

The controversy between Islamic law and universal human rights continues to roll. Apart from universal claims to human rights principles, when he saw that the concept came from the West, some Muslims were suspicious and considered it an attempt to secularize Islamic law. As a result, conservative Muslims continue to reject the application of Western standards, even in the name of universal human rights, to legal problems in Muslim societies. Based on this research, it can be concluded that the Islamic response to human rights is a reflection of global, lasting and fundamental demands. By not intending to have anology, in fact Islam has first taught humanity about concepts that are egalitarian, universal and democratic. This concept that is so beautiful and comprehensive is allegedly adopted by the West through the emergence of universal ideas standardized in the convention of the Universal Declaration of Human Rights. Islamic teachings cover all aspects of human life, and of course they have included rules and high respect for human rights. But it is not in a structured document, but is spread in the holy verses of the Qur'an and the Sunnah of the Prophet Muhammad. The birth of the UDHR and the Cairo Declaration on Human Rights in Islam (CDHRI) endorsed by the OIC was an attempt to clarify the actions of Muslim countries on arrogant, authoritarian and arbitrary Western claims.

Keywords: Islamic law, human rights

 

Abstrak.

Kontroversi antara hukum Islam dan hak-hak asasi manusia universal terus bergulir. Meskipun telah melekat klaim universal pada prinsip-prinsip HAM, ketika melihat bahwa konsep tersebut berasal dari Barat, sebagian umat Islam curiga dan menganggapnya sebagai usaha untuk mensekulerkan hukum Islam. Karena itu, kalangan Muslim konservatif tetap menolak penerapan standar-standar Barat, meskipun atas nama HAM universal, terhadap persoalan-persoalan hukum pada masyarakat Muslim. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa respon Islam terhadap hak asasi manusia adalah cerminan dari tuntutan global, abadi, dan fundamental. Dengan tidak bermaksud untuk berapologi, sesunguhnya Islam telah terlebih dahulu mengajarkan umat manusia tentang konsep yang egaliter, universal, dan demokratis. Konsep yang sedemikian indah dan komprehensif ini disinyalir diadopsi oleh Barat melalui pemunculan ide-ide universal yang dibakukan dalam konvensi Universal Declaration of Human Rights. Ajaran Islam meliputi seluruh aspek dari sisi kehidupan manusia,dan tentu saja telah tercakup di dalamnya aturan dan penghargaan yang tinggi terhadap hak asasi manusia (HAM). Namun memang tidak dalam satu dokumen yang terstruktur, tetapi tersebar dalam ayat-ayat suci al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Kelahiran UDHR dan Cairo Declaration on Human Rights in Islam (CDHRI) yang diratifikasi oleh OKI merupakan upaya penjernihan yang dilakukan oleh negara-negara Muslim atas klaim Barat yang arogan, otoriter dan semena-mena.

Kata kunci: Hukum Islam, Hak Asasi Manusia

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Masykuri. Responses of Indonesian Muslim Intellectuals to the Concept of Democracy (1966-1993), terj. Wahib Wahab, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999).

Aji, Ahmad Mukri. Kontekstualisasi Ijtihad Dalam Diskursus Pemikiran Hukum Islam di Indonesia, Bogor: Pustaka Pena Ilahi, 2010.

Aji, Ahmad Mukri. Urgensi Maslahat Mursalah Dalam Dialektika Pemikiran Hukum Islam, Bogor: Pustaka Pena Ilahi, 2012.

Al-Bantani, Nawawi. Tanqihu al-Qaulu al-Haidits Syarhu Lubabu al-Hadits, (Semarang: Toha Putra, tth).

Al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, Beirut: Dar al-Kotob al-Ilmiyah, 2013), ed. Mahmud Muhammed Nassar, cet. VII, h. 1245. Hadis No: 6861, 4471

Aripin, Jainal. Dkk, Kumpulan Hasil Penelitian 2002, Hak Asasi Manusia dalam Tinjauan Islam dan Implementasi di Indonesia.

Azazi, Hak Memilih Agama Bagi Anak dari Pasangan Beda Agama dalam Persepektif Hak Asasi Manusia, Skripsi, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2008).

Budiardjo, Miriam. Dasar-dasar Ilmu Politik, Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 2000.

Hardjowirogo, Marbangun. HAM dalam Mekanisme-mekanisme Perintis Nasional, Regional dan Internasional, Bandung: Patma, 1977.

Hussain, Syaukat. Hak Asasi Manusia Dalam Islam, Penerjemah: Abdul Rochim, Jakarta: Gema Insani press, 1996.

Jauhar, Ahmad al-Mursi Husain. Maqoshid Syariat, Jakarta: Azmah, 2009.

Khallaf, Abd. Wahab. Ilm Ushul al-Fiqh, Kuwait: Dar al-Qalam, 1978.

Kosasih, Ahmad. HAM Dalam perspektif Islam, Jakarta: Salemba Diniyah, 2003.

Maggalatung, A Salman; Yunus, Nur Rohim. Pokok-Pokok Teori Ilmu Negara, Cet-1, Bandung: Fajar Media, 2013.

Mufti, Muhamad A; dan Al-Wakil, Sami Salih. HAM Menurut Barat dan HAM menurut Islam terj.Yahya Abd Rahman, Bogor: Pustaka Thariqul Izzah, 2009.

Muhammad, Rusjidi Ali, Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Syari’at Islam, Aceh: Ar-Raniri Press, 2004.

Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani, Jakarta: IAIN Press, 2000.

Pendidikan Kewarnageraan (Civic Education) Demokrasi, HAM, dan Masayarakat Madani, Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah, 2003.

Sudjana, Eggi. HAM dalam Perspektif Islam, Mencari Universalitas HAM bagi Tatanan Modersitas yang Hakiki, Jakarta: Nuansa Madani, 2000.

Sukardja, Ahmad. Piagam Madinah dan UUD NRI 1945, Jakarta: Sinar Grafika, 2012.

Yunus, Nur Rohim. Restorasi Budaya Hukum Masyarakat Indonesia, Bogor: Jurisprudence Press, 2012.

Jurnal:

Aji, Ahmad Mukri. "Pemberatasan Tindak Pidana Terorisme di Indonesia (Analisis Terhadap Undang-Undang Nomor 15 dan 16 Tahun 2003 Berdasarkan Teori Hukum)," dalam Jurnal Cita Hukum, Vol. 1, No. 1 (2013).

Asnawi, Habib Shulton. “Hak Asasi Manusia Islam dan Barat: Studi Kritik Hukum Pidana Islam dan Hukuman Mati,” Jurnal Supremasi Hukum, Vol. 1, No. 1, Juni 2012.

Hamdani, Muhammad Faisal, “Hukum Keluarga Islam dalam Perspektif HAM Universal (UDHR) dan HAM Islam (UIDHR),” Jurnal Ahkam: Vol. xvi, No. 1, Januari 2016.

Ismail, “Hak Asasi Manusia Menurut Perspektif Islam,” Jurnal Asy-Syir’ah, Vol. 43 No. I, 2009.

Maggalatung, A Salman. "Hubungan Antara Fakta Norma, Moral, Dan Doktrin Hukum Dalam Pertimbangan Putusan Hakim," dalam Jurnal Cita Hukum, Vol. 2, No. 2 (2014).

Internet:

KBBI, 2005, h. 680. di akses dari www.pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/, pada 12 Januari 2017 jam 22.00.

Undang-Undang No. 39 Tahun 1990 tentang Hak Asasi Manusia Pasal 1, di akses dari www.komisiyudisial.go.id, pada hari Kamis, 12 Januari 2017.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v4i1.7869 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.