Optimalisasi Pendidikan Spiritual di Lingkungan Keluarga Sebagai Upaya Menghadapi Dampak Buruk Konten Tik Tok Terhadap Anak
Abstract
Aplikasi Tik-Tok merupakan salah satu aplikasi yang sangat didambakan oleh masyarakat Indonesia khususnya anak-anak, dikarenakan banyak konten yang ditampilkan di nilai menarik. Namun disisi lain, pada aplikasi tersebut terdapat beberapa konten negatif yang berdampak kurang baik bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan dari dampak buruk dari konten Tik-Tok melalui pendidikan spritual khususnya melalui shirah nabawiyah yang mengedepankan peran keluarga khususnya orang tua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu cara untuk menjauhkan anak dari dampak negatif dari konten Tik-Tok adalah dengan membiasakan anak untuk mendengarkan kisah-kisah para nabi ataupun para sahabat yang diceritakan oleh keluarga khususnya orang tua ketika hendak tidur. Adapun saran terhadap hasil penelitian ini adalah pentingnya peran pemerintah atau pihak terkait untuk membatasi konten-konten negatif yang masuk kedalam aplikasi Tik-Tok. Salah satu urgensi penelitian ini adalah sebagai tawaran solusi bagi orang tua didalam mendidik anak berlandaskan ajaran islam.
References
Eka Wahyu Hidayati, Devi Anggraini. “Dampak Penggunaan Media SosialTikTok Terhadap Perilaku Mahasiswa ProgramStudi PAI Sekolah Tinggi Agama IslamDaruttaqwa Gresik.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18, no. September (2022): 170–179. https://jurnal.insida.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/97.
Gunarta, I Ketut. “Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Pendidikan Spiritual Anak.” Jurnal Penjaminan Mutu 2, no. 1 (2016): 78.
Hidayatuladkia, Shella Tasya, Mohammad Kanzunnudin, and Sekar Dwi Ardianti. “Peran Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 Tahun.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 5, no. 3 (2021): 363.
Huda, Afiful. “Dampak Wanita Karir Terhadap Keluarga.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. August (2016): 128.
Ilahin, Nur. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial TIK-TOK Terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah.” IBTIDA’ 03, no. 01 (2022): 112–119. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida%0A.
M. Miftah Arief, Dina Hermina, Nuril Huda. “TEORI HABIT PERSPEKTIF PSIKOLOGI DAN PENDIDIKAN ISLAM” (n.d.).
Madhani, Luluk Makrifatul, Indah Nur, Bella Sari, M Nurul Ikhsan Shaleh, Keluarga Mahasiswa, Islam Kehutanan, Dakwah Hijrah, Excellent Community, Perilaku Islami, and A Pendahuluan. “Dampak Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta.” Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab 3 (2021): 627–647.
Mahrus, Mahrus. “Model Pendidikan Agama Anak Bagi Wanita Karir Keluarga Muslim Di Kota Malang.” journal PIWULANG 1, no. 1 (2018): 1.
Masitoh, Siti, Sofia Gussevi, and Imam Tabroni. “Peran Wanita Karir Dalam Pendidikan Anak.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam 2, no. 02 (2021): 109–123.
Nabilah, and Suprayitno. “Dampak Media Sosial (TIK-TOK) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI Sekolah Dasar.” PGSD,FIP Universitas Negeri Surabaya 10, no. 4 (2022): 735–745. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46250.
Nadiasih, Niluh. “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Anak Terhadap Game Online.” Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora 1, no. 3 (2021): 8–14.
Qadri, Muhammad, Irwan Misbach, and Audah Mannan. “Dampak Media Sosial Tiktok Pada Akhlak Anak- Anak Di Kota Makassar.” Jurnal Washiyah 3, no. 2 (2022): 331–343. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/washiyah/article/view/28194.
Rahmi, Mulia. “Penguatan Peran Keluarga Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemi Covid-19” 9 (2020): 81–105. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/129/98.
Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung 6, no. 1 (2017): 1–6. https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/423/1632.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i5.34768 Abstract - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.