Menumbuhkan dan Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia Dalam Pendanaan Studi

Henri Peranginangin, Nur Laila Khoirun Khasanah

Abstract


Independence is not something that is gained overnight but rather develops over time. Independent character already exists and grows in each individual; it's just that the development is different. Students in the age range of 18–25 years are categorized as being in the late adolescent and early adult development stages, where they should already have independence in making decisions and economic independence. The purpose of this research is to find out what obstacles IAI AL-AZIS students experience in funding their studies and what plans they will take to secure funding for their studies. The research methodology used in this study is a qualitative approach using the Miles and Huberman method, namely three activity streams: (1) data reduction; (2) data presentation; and (3) drawing conclusions. In collecting data, the author uses the snowball sampling technique. The results of this study indicate that there are several plans that will be carried out by IAI AL-AZIS students in an effort to fulfill study funding, namely: 1) sharing the burden with parents; 2) having internships and/or work; 3) looking for scholarships; and 4) entrepreneurship. There are several things that become obstacles for students in fulfilling study funding, including 1) their parents' economic limitations and family problems; 2) coordinator scholarships that drop periodically; 3) fulfillment of daily needs; 4) a low salary; and 5) it is difficult to develop a business.

Keywords: Independence; Study funding; Students.

 

Abstrak

Kemandirian bukan merupakan sesuatu yang didapatkan secara instan melainkan berkembang mengikuti proses kehidupan seseorang. Karakter mandiri telah ada dan tumbuh dalam setiap individu hanya saja perkembangannya yang berbeda-beda. Mahasiswa pada rentang usia 18-25 tahun dikategorikan berada di tahap perkembangan remaja akhir dan dewasa awal, dimana seharusnya telah memiliki kemandirian dalam membuat keputusan dan kemandirian ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami Mahasiswa IAI AL-AZIS dalam pendanaan studi dan rencana apa yang akan mereka ambil dalam memenuhi pendanaan studi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode Miles & Huberman yakni dengan tiga alur kegiatan, (1) reduksi data; (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik snowball sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa rencana yang akan dilakukan oleh Mahasiswa IAI AL-AZIS dalam upaya memenuhi pendaan studi yaitu dengan 1) berbagi beban dengan orang tua; 2) memiliki kegiatan magang (instership) dan atau bekerja; 3) mencari beasiswa; dan 4) berwirausaha. Adapun beberapa hal yang menjadi hambatan Mahasiswa dalam memenuhi pendanaan studi diantaranya yakni 1) keterbatasan ekonomi orang tua dan masalah keluarga; 2) beasiswa koordinator yang turun secara berkala; 3) pemenuhan kebutuhan sehari-hari; 4) gaji yang rendah; dan 5) sulit mengembangkan usaha.

Kata Kunci: Kemandirian; Pendanaan studi; Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Buku

Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Editor, A. A. Husnu Abadi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Siyoto S. & Sodik A. (2 015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Jurnal

Andriadi, K. D., Asih, E. T. W., Dewi, A. W., Nugraha, K., & Samadhinata, M. D. (2018). Efektifitas Penyelenggaraan Program Beasiswa Bidikmisi Di Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 8(3).

Arisandi, D., Mutiara, M. W., & Mawardi, V. C. (2022). Dampak Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Magang Dan Studi Independen Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 174-181.

Asiyah, N. (2013). Pola asuh demokratis, kepercayaan diri dan kemandirian mahasiswa baru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).

Darmawan, A. S. (2012). Pemilihan beasiswa bagi mahasiswa stmik widya pratama dengan metode profile matching. Jurnal Ilmiah ICTech, 10(1), 1-5.

Fauzi, A., & Samsuruhuda, H. (2019). Efektivitas Program Beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Surabaya. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(3).

Fauzia, N., Asmaran, A., & Komalasari, S. (2021). Dinamika kemandirian mahasiswa perantauan. Jurnal Al-Husna, 1(3), 167-181.

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar mahasiswa saat pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 828-834.

Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2021). Dampak Kepercayaan Diri Mahasiswa Berwirausaha Melalui Lingkungan Keluarga dan Kemandirian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77-84.

Hamzani, Achmad Irwan; Hartoyo, Dwijoyo; Nuridin, Nuridin; Khasanah, Nur; Aravik, Havis; and Yunus, Nur Rohim. "Struggle for Law Principles In Law Development", Solid State Technology, Volume: 63, Issue: 6 (2020), p.1869-1879.

Hasmalawati, N., & Hasanati, N. (2019). Perbedaan tingkat kelekatan dan kemandirian mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 3(1).

I Imanuddin, RRD Anggraeni, A Rezki, NR Yunus, 2021. Criminal Acts Of Defamation Due To Debt Collection Through Social Media. Natural Volatiles & Essential Oils (NVEO) Journal 8 (4), 11685-11695.

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan kompetensi mahasiswa melalui efektivitas program magang kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124-132.

Isnawati, N., & Samian, S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 25(1), 128-144.

Ketaren, B. A., & Wijayanto, P. (2021). Pengaruh Kemandirian Dan Self Efficacy Terhad ap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Feb Uksw. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 67-78.

Kusumajati K., & Kurniawan T. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Mahasiswa dari Keluarga Tidak Mampu. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 9(2), 166-176.

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112.

Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship bagi peningkatan kompetensi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199-204.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201-209.

Mardiana, A., Abdurahman, D., & Putriani, P. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bank Indonesia Studi Kasus Universitas Majalengka. INFOTECH journal, 8(1), 13-21.

Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. (2016). "Implementation of Religious Education in the Constitution of the Republic of Indonesia," Salam: Sosial dan Budaya Syar-i, Volume 3 No. 3.

Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. (2017). Relation of Religion, Economy, and Constitution In The Structure of State Life, STAATSRECHT: Indonesian Constitutional Law Journal, Volume 1, No. 1.

Nabilla, S., & Desmon, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, 4(3).

Nasution, T. (2018). Membangun kemandirian siswa melalui pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Nurhuda, H. (2022). Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; Faktor-Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127-137.

Rakib, M., Syam, A., & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Dedikasi, 22(2), 129-134.

Ranto, D. W. P. (2012). Peranan Kampus dalam Membangun Kemandirian Mahasiswa Melalui Kegiatan Kewirausahaan. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1).

Rida Fironika, K. (2011). Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 26(1), 43-63.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.

Sabela, O. I., Ariati, J., & Setyawan, I. (2014). Ketangguhan mahasiswa yang berwirausaha: Studi kasus. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 170-189.

Saihu, M., & Siregar, S. (2022). Pemenuhan Biaya Pendidikan Melalui Entrepreneurship (Studi Pada Mahasiswa STIT Al-Amin Kreo Tangerang). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 471-482.

Saragih, F. (2020). Pengaruh lingkungan terhadap kemandirian belajar. Jurnal Pendidikan PKN, 1(2), 62-72.

Shaylide, I. S. (2014). Pengaruh Mutu Layanan Akademik Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(2), 1-11.

Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Fitriya, P. (2019, July). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 191-197).

Sibyan, H. (2020). Implementasi metode smart pada sistem pendukung keputusan penerima beasiswa sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 78-83.

Suhaida, D., & Azwar, I. (2018). Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Mahasiswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 1-19.

Sumartono, B. G. Faktor-Faktor Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Penelitian Pada Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2).

Suryana, S. (2018). Peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2).

Wulandari, V. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Dana Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Iain Bengkulu. SEMB-J: Sharia Economic and Management Business Journal, 1(3), 25-32.

Yunus, Nur Rohim; Aprita, Serlika; Suhendar, Suhendar. (2019). Adagium Hukum: Aktualisasi dan Implementasi dalam Legal Research. Jakarta: UIN Press.

Internet

Kemendikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dikutip dari https://www.kemdikbud.go.id. [23 Januari 2023. Pukul 10.18 WIB].

Republik Indonesia. 2002. Perubahan Keempat Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Dikutip dari https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UUD45-Ubah4.pdf. [23 Januari 2023. Pukul 10.22 WIB].

Riski, A. (2019, March 27). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia. Dikutip dari https://doi.org/10.31227/osf.io/2pcs4. [24 Januari 2023. Pukul 09.22 WIB].




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i4.34642 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.