Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama sebagai Implementasi Rahmatan Lil 'Alamin

Dadan Mardani, Iis Susiawati, Muhammad Faiz Alhaq

Abstract


Education should be designed and implemented by providing space for every human being who wants to know and improve their religious abilities, as well as the potential for soft skills so that human beings are created in accordance with their physical and spiritual nature. The internalization of religious moderation in the educational environment is evidenced by the development of knowledge related to good tolerance and the application of tolerance awareness in the educational environment. This research is a library research, and library data is ready-to-use and is a secondary source which is then analyzed using qualitative descriptive data analysis. the results found are that the educational space can be a means of information and understanding of religious moderation in the midst of diversity for the realization of peace and prosperity in the life of religion and the nation of Indonesia. In conclusion, religious moderation is a religious attitude that is balanced between the practice of one's own religion and respect for the religious practices of other people of different beliefs. Education space has a big role in forming a moderate generation that will become the generator of human civilization.

Keywords: Education, Moderation, Religion, Rahmatan lil 'Amen

 

Abstrak:

Pendidikan hendaknya dirancang dan dilaksanakan dengan memberikan ruang bagi setiap insan yang ingin mengetahui serta meningkatkan kemampuan beragamanya, begitu pula dengan potensi soft skillnya agar tercipta manusia yang sesuai dengan fitrah lahiriyah dan bathiniyahnya. Internalisasi moderasi beragama di lingkungan pendidikan, dibuktikan dengan dibangunnya pengetahuan terkait toleransi yang baik dan penerapan kesadaran toleransi di lingkungan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dan data pustaka bersifat siap pakai serta merupakan sumber sekunder yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. hasil yang ditemukan adalah bahwa ruang pendidikan dapat menjadi sarana informasi dan pemahaman akan moderasi beragama yang berada di tengah keragaman demi terwujudnya kedamaian dan kesejahteraan kehidupan keagamaan dan kebangsaan negara Indonesia. Simpulannya moderasi beragama merupakan sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan. Ruang pendidikan memiliki peran besar dalam membentuk generasi yang moderat yang akan menjadi pembangkit peradaban manusia.

Kata Kunci: Pendidikan, Moderasi, Beragama, Rahmatan lil ‘Aamin


Full Text:

PDF

References


Abror, Mhd. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman.” Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 2 (2020): 143–55. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174.

Azra, Azyumardi. “Islam Indonesia Inklusif vs Eksklusif: Dinamika Keberagamaan Umat Muslimin.” Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2017.

Anwar, Rosyida Nurul; & Siti Muhayati. “Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2021). http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/7717.

Alim, Muhamad Syaikhul; & Achmad Munib. “Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim 9, no. 2 (2021). https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROGRESS/article/view/5719.

Baisuki, Asror. “Penanaman Karakter Moderat di Ma’had Aly Situbond.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 15, no. 3 (2017). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.456.

Casram. “Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2016). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jw/article/view/588/700.

Cholili, Muhammad Sirojuddin. “Toleransi Beragama (Studi Konsep Tawasut, I’tidal, Tawazun, dan Tasammuh) Sebagai Upaya Resolusi Konflik pada Masyarakat Perumahan Giri Pekukuhan Asri Mojosari.” At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah 4, no. 2 (2016): 144–54. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/2911

Fuad, A. Jauhar. “Pembelajaran Toleransi: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Paham Radikal di Sekolah.” Dalam Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) Kopertais Wilayah IV Surabaya, Vol. 2. Surabaya: Kopertais Wilayah IV, 2018. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/159.

Fahri, Mohamad; & Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama di Indonesia.” Intizar 25, no. 2 (2019): 95–100.

Faiqah, Nurul; & Toni Pransiska. “Radikalisme Islam vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai.” Al-Fikra 17, no. 1 (2018).

Nurdin & Maulidatus Syahrotin Naqqiyah. “Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (2019): 82–102. https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.82-102.

Kosasih, Engkos. “Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (2019). https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/118.

Nurdin, Fauziah. “Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an dan Hadits.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 18, no. 1 (2021): 59–70. http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525.

Purbajati, Hafizh Idri. “Peran Guru dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah.” Falasifa: Jurnal Studi Keislaman 11, no. 2 (2020): 182–94. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/569.

Khotimah, Husnul. “Internalisasi Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pesantren.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2020): 62–68. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3008.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan. “Al-Tawassut wa al-I ‘tidal: Menjawab Tantangan Liberalisme dan Konservatisme Islam.” Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 14, no. 1 (2018): 49–74. https://journal.umy.ac.id/index.php/afkaruna/article/view/5581.

Habibie, M. Luqmanul Hakim; Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, & Anggoro Sugeng. “Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia.” Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama 1, no. 1 (2021): 121–50. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3529.

Habibah, Siti Maizul; R.R. Nanik Setyowati & Fatmawati. “Moderasi Beragama dalam Upaya Internalisasi Nilai Toleransi pada Generasi Z.” Pancasila: Jurnal Keindonesiaan 2, no. 1 (2022): 126–35. https://ejurnalpancasila.bpip.go.id/index.php/PJK/article/view/70.

Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182.

Hasan, Mustaqim. “Prinsip Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa.” Jurnal Mubtadiin 7, no. 2 (2021): 110–23. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/104.

Muliono, Slamet; Andi Suwarko, & Zaky Ismail. “Gerakan salafi dan deradikalisasi Islam di Indonesia.” Religio: Jurnal Studi Agama-agama 9, no. 2 (2019): 244–66. https://jurnalfuf.uinsby.ac.id/index.php/religio/article/view/1207.

Prakosa, Pribadyo. “Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan antar Umat Beragama.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 1 (2022): 45–55. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.69.

Ridho, Hilmi. “Membangun Toleransi Beragama Berlandaskan Konsep Moderasi dalam Al-Qur’an dan Pancasila.” An-Natiq:Jurnal Kajian Islam Interdisipliner 1, no. 1 (2021). http://jim.unisma.ac.id/index.php/natiq/article/view/9069.

Saputera, Abdur Rahman Adi. & Muhammad Syarif H. Djauhari. “Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Gorontalo.” Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama 1, no. 1 (2021): 41–60. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3351.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah. 1 ed. Vol. 1. Ciputat: Lentera Hati, 2000.

Sholeh, Ahmad. “Pemahaman Konsep Tasamuh (Toleransi) Siswa dalam Ajaran Islam.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2014): 101–32. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i1.3362.

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 1 (2019): 323–48. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Sholikhah, Zumrotus; & Muhamad Basyrul Muvid. “Konsep Islam Moderat sebagai Alternatif dalam Proses Penanggulangan Paham Radikal di Indonesia.” Al-Afkar: Journal For Islamic Studies 5, no. 4 (2022): 115–28. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/324.

Qardhawi. Al-Khasais al-Ammah li al-Islam. Beirut: al-Muassasah al-Risalah, 1983.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i4.34641 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.