Penerapan Bauran Pemasaran Pada Baznas Kabupaten Indramayu Untuk Pengentasan Kemiskinan

Lilis Imamah Ichdayati

Abstract


Zakat as the third pillar of Islam is an instrument of Islamic social finance that is often used in overcoming the problem of poverty and reducing income inequality between the rich and the poor. Trusted zakat institutions, such as Baznas Kab. Indramayu, for 3 consecutive years in 2017 and 2018 won WTP status (unqualified) and received the 2019 Baznas Jabar Award in the Best Collection Growth category. The purpose of this study is to understand the implementation of the 9Ps marketing mix of Baznas Kab. Indramayu in alleviating poverty in Kab. Indramayu, through a descriptive analysis approach and measuring the level of efficiency and effectiveness of the distribution of ZIS funds. The results showed that Baznas Indramayu Regency had implemented the 9Ps marketing mix consisting of Product (utilization of ZIS in the form of consumptive and productive programs), price (amount of ZIS paid by muzaki), promotion (activities to invite, inform, persuade, remind Baznas products), place (distribution of ZIS to mustahik), people (organizational structure based on the Decree of the Indramayu Regent), process (ZIS collection activities), Physical Evident (has its own office and cooperation with 5 banking institutions), public relations (services to muzaki and mustahik) and power (as a non-structural institution). The ZIS distribution efficiency values range from 5 – 7.5% (quite efficient) and the effectiveness values range from 83.92% - 131.33% (very effective).

Keywords: Baznas; 9Ps marketing mix; muzaki; mustahik; poverty.

 

Abstrak:

Zakat sebagai rukun Islam yang ketiga merupakan instrument keuangan sosial Islam yang kerap digunakan dalam mengatasi masalah kemiskinan dan mengurangi ketimpangan pendapatan antara orang kaya dan orang miskin. Lembaga zakat yang dipercaya, seperti Baznas Kab. Indramayu, selama 3 tahun berturut-turut pada tahun 2017 dan 2018 meraih status WTP (wajar tanpa pengecualian) dan memperoleh penghargaan Baznas Jabar Award 2019 dalam kategori Pertumbuhan Penghimpunan Terbaik. Tujuan penelitian ini adalah memahami pelaksanaan bauran pemasaran 9Ps Baznas Kab. Indramayu dalam mengentaskan kemiskinan di Kab. Indramayu, melalui pendekatan analisis deskriptif dan mengukur tingkat efisiensi dan efektivitas distribusi dana ZIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Baznas Kabupaten Indramayu telah melaksanakan bauran pemasaran 9Ps terdiri : Product (pendayagunaan ZIS berupa program  bersifat konsumtif dan produktif), price (besaran ZIS yang dibayarkan muzaki), promotion (kegiatan mengajak,menginformasikan, membujuk, mengingatkan produk Baznas via Lembaga atau media local / media social), place (penyaluran ZIS ke mustahik melalui UPTD dan UPZ Kab. Indramayu), people (struktur organisasi berdasarkan SK Bupati Indramayu), process (aktivitas pengumpulan ZIS sesuai dengan peraturan Baznas Pusat), Physical Evident (memiliki kantor sendiri dan Kerjasama dengan 5 lembaga perbankan), public relation (pelayanan terhadap muzaki dan mustahik) and power (mengikuti struktur pemerintah sebagai Lembaga non structural).  Adapun nilai efisiensi penyaluran ZIS berkisar 5 – 7,5 % (cukup efisien)  dan nilai efektifitas berkisar 83,92 % - 131,33 % (sangat efektif).

Kata Kunci: Baznas; bauran pemasaran 9Ps; kemiskinan; muzaki; mustahik.


Full Text:

PDF

References


Al Haq, M. A., & Wahab, N. . (2017). Effective Zakah Distribution : Highlighting Few Issues And Gaps In Kedah , Malaysia. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah (Journal of Islamic Economics), 9(2), 259–288. https://doi.org/10.15408/aiq.v9i2.4002

Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2018). Relationship Of 7p Marketing Mix And Consumers ’ Loyalty In Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261–273. https://doi.org/http://doi.org/10.22146/ae.36400

Azis, M., & Anim, N. (2020). Trust towards zakat institutions among Muslims business owners. Jurnal Ekononomi & Keuangan Islam, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.20885/JEKI.vol6.iss1.art1

Baznas Prov. Jabar (2020). Transformasi Pengelolaan Zakat Konvensional Menuju Profesional Dalam Mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin. Laporan Pengelolaan Zakat Baznas Provinsi Jabar 2015-2020. Baznas Prov. Jabar. Bandung.

BPS Kab. Indramayu. (2020a). Jumlah Penduduk Miskin 2014 – 2018. https://indramayukab.bps.go.id/indicator/23/107/2/jumlah-penduduk-miskin.html Diunduh 1 Feb 2021

BPS Kab. Indramayu. (2020b). Kabupaten Indramayu dalam Angka 2020. https://indramayukab.bps.go.id/publication/download.html Diunduh 1 Feb 2021

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Edisi kedua. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Cornel, A. (2019). The Ultimate Guide to Marketing mix : 4Ps, 7Ps, 8Ps, 4Cs, 7Cs. https://www.albertocarniel.com/post/marketing-mix, diunduh 25 Jan 2021

Hejazziey, D. (2011). Zakat Sebagai Sumber Investasi. Al-Iqtishad, III(2), 209–226.

Huda, N., & Ghofur, A. (2012). Analisis Intensi Muzakkî Dalam Membayar Zakat Profesi. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 4(2), 2017–2240. https://doi.org/10.15408/aiq.v4i2.2547

Karim, Adiwarman A. (2001). Ekonomi Islam, Suatu Kajian Kontemporer (Islamic Economic, A Contemporary Study). Penerbit Gema Insani, Jakarta

Kanji, Lusiana, Habbe, Abd Hamid., Mediaty,. (2012). Determinant Factors Motivation Paying Zakat and Magnitude of Value, pasca.unhas.ac.id.

Kotler, P., Armstrong, G. M.,Opresnik M.O. (2018). Principles Marketing: Global Edition, 17e. Pearson. New York.

Londre, L. (2021). With the Nine P’s (9P’s) of Marketing. Londre Marketing Consultants, LLC. https://www.londremarketing.com/documents/LondreMarketingConsulting-NinePs.pdf, diunduh 25 Jan 2021

Masyita, D. (2018). Lessons Learned of Zakah Management from Different Era and Countries. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah (Journal of Islamic Economics), 10(2), 441–456.

Mohsin, M. I. A., Lahsasna, A., & Ismail, E. (2011). Zakah from Salary and EPF : Issues and Challenges. International Journal of Business and Social Science, 2(1), 278–286. www.ijbssnet.com

Nurhadi. (2019). Management of Marketing Strategy Mix Perspective of Islamic Economics. Human Falah: Volume 6. No. 2 Juli – Desember 2019 : 141 - 157

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/humanfalah/article/download/4811/2863 Diunduh pada tgl 11Maret 2021.

PuskasBaznas. (2019). Rasio Keuangan Organisasi Pengelola Zakat (Financial Ratio of Zakat Management Organization). Puskas Baznas. Jakarta.

Rahman, Muh. Fudhail. (2022). Prinsip Transaksi Islam: Tasarruf dan Akad. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. Vol. 9 No. 5 (2022), pp. 1651-1662

Republika.co.id, 28 Feb 2019. Financial Audit of Baznas Indramayu Wins Predicate WTP. https://republika.co.id/tag/baznas-indramayu, Diunduh 2 Feb 2021

Republika.co.id, 11Nov 2019. Kemenag : Potensi Besar, Pengumpulan Baru Tembus 3 Persen. https://republika.co.id/tag/baznas-indramayu, Diunduh 2 Feb 2021

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Qualitative and Quantitative Research Method and R&D). Bandung: Alfabeta.

Susetyo, Heru dkk. (2012). Selamatkan Gerakan Zakat. Catatan Kritis Atas UU No.23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat (Save The Zakat Movement. Critical Note on Law No.23 of 2011on Zakat Management). Penerbit KOMAZ (Koalisi Masyarakat Zakat). Jakarta

Tatyana, Indri Damayanti, Yani Urfiani, Siti Maryam. (2023). Pemrosesan Transaksi Keuangan Menggunakan Aplikasi Berbasis Accounting Software Pada Departemen Keuangan di PT. Enerren Technologies. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. Volume 10 Nomor 1 (2023), pp. 49-60

Umiarso dan Hervina. (2015). Zakat untuk Keberkahan Umat dan Zaman. Lentera Ilmu Cendekia. Jakarta.

Wibisono, Yusuf. (2016). Mengelola Zakat Indonesia. Diskursus Pengelolaan Zakat Nasional dari Rezim UU No 38 Tahun 1999 ke Rezim UU No.23 Tahun 2011 (Managing Indonesian Zakat. The Discourse On National Zakat Management From The Regime of Law No.38 of 1999 to The Regime of Law No.23 of 2011). Prenadamedia. Jakarta

Widarwati, E., Afif, N. C., & Zazim, M. (2017). Strategic Approcah for Optimizing of Zakah Institution Performance: Customer Relationship Management. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 9(1), 81–94. https://doi.org/10.15408/aiq.v9i1.4010

Wijaya, S., & Adriansyah, A. A. (2020). The Effectiveness of 9P Marketing Mix Implementation Towards the Service Satisfaction in the Outpatient Clinic of Jemursari Hospital Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo, 6(1), 28–42.

Yuliasih, A., Juliana, J., & Rosida, R. (2021). Zakat Core Principle (Zcp) Poin 10 Disbursement Management Dalam Mengukur Efektivitas Pendistribusian Zakat Pada Program Kerja Baznas. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(1), 116–126. https://doi.org/10.20473/vol8iss20211pp116-126

https://www.baznasjabar.org/news/para-pemenang-baznas-jabar-award-2019

http://infopublik.id/kategori/nusantara/390317/penghimpunan-zis-terus-naik-baznas-indramayu-dapat-penghargaan?video=selasa,3Desember 2019

Antaranews (2019) https://www.antaranews.com/berita/770328/berikut-daftar-umk-di-jawa-barat-2019

https://jabar.bps.go.id/pressrelease/2020/01/15/765/september-2019--tingkat-kemiskinan-jawa-barat-sebesar-6-82-persen.html

https://www.beritasatu.com/ekonomi/654369/baznas-raih-fundraising-digital-terbaik-di-ifa-2020




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i3.33525 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.