Qiraah Alquran Dengan Nagham Ajam - Lagam Jawa; Kasus Isra’ Mi’raj di Istana Negara, Jum’at, 15 Mei 2015

Qosim Arsyadani

Abstract


Abstract:

Every Muslim would agree that the Koran is the holy book were wonderful. He will be more beautiful when it is read beautifully by using Nagham and a melodious voice. By reading the Koran is mutawaatir means that from the beginning the angel Gabriel received it from Allah which is then conveyed to the Holy Prophet so were messengers to convey back to friends and so on in the history of the turn and the different traffic generation is the same. New problems arise when the Koran is read using Java Nagham. Therefore this study want to discuss more in depth about the law.

Keywords: Koran, Qiroah and Nagham

 

Abstrak:

Setiap muslim pasti sepakat bahwa Alquran kitab suci yang indah. Ia akan menjadi semakin indah apabila dibaca secara indah dengan menggunakan nagham atau lagam dan suara yang merdu. Secara bacaan Alquran bersifat mutawatir artinya sejak dari awal malaikat Jibril menerimanya dari Allah SWT yang kemudian disampaikan kepada Rasulullah Saw begitu pula rasul dalam menyampaikan kembali kepada para sahabat dan begitu seterusnya dalam lintas sejarah pergantian dan berbedanya generasi adalah sama. Permasalahan baru muncul ketika Alquran dibaca dengan menggunakan Nagham Jawa. Oleh karenanya penelitian ini ingin membahas lebih mendalam tentang hukumnya.

Kata Kunci: Alquran, Qiroah dan Nagham


Full Text:

PDF

References


Aji, Ahmad Mukri. Urgensi Maslahat Mursalah Dalam Dialektika Pemikiran Hukum Islam, Bogor: Pustaka Pena Ilahi, 2012.

Aji, Ahmad Mukri. Kontekstualisasi Ijtihad Dalam Diskursus Pemikiran Hukum Islam di Indonesia, Bogor: Pustaka Pena Ilahi, 2010. Al-Bukhari, Imam Ismail bin Ibrahim bin Mughirah, Shahih Bukhari, (Mesir: Dar Kutub)

Al-Burniu, Muhammad Shidqi bin Ahmad, Al-Wajiz fi Idlaih Qawaid al-Fiqh al-Kulliyah, (Riyadh: Muassasah al-Risalah), 1983 M./1412 H.

Al-Darimi, Imam, Sunan al-Darimi, Maktabah Syamilah: Sunan al-Darimi, j. 4.

Al-Hasani, Sayyid Muhammad bin Alawi bin Abbas al-Maliki al-Makki, Al-Minhal al-Latif fi Ushul al-Hadist al-Syarif, (Malang: Haiah al-Shofwah).

Muslim, Imam, Shahih Muslim, (Mesir: Isa al-Babi al-Halbi wa Syirkah).

Al-Mas’udi, Hafidz Hasan, Minhah al-Mughist fi Ilm Musthalah al-Hadist, (Semarang: Pustaka al-Alawiyah).

Al-Qatthan, Manna’ Khalil, Mabahist fi Ulum Alquran, (Riyadh: Mansyurat al-‘Ashr al-Hadist, 1973 M./1393 H).

Al-Samarqandi, Nashr bin Muhammad al-Hanafi, Qathr al-Ghaist fi Syarh Abi Laist, (Surabaya: Said bin Nabhan wa Auladuh).

Al-Sanusi, Muhammad, Hasyiyah al-Dasuqi ‘ala Um al-Barahain, (Singapura, Jeddah: Al-Haramain).

Al-Syarqawi, Al-Syarqawi ‘ala al-Hud-Hudi, (Semarang: Maktabah wa Matba’ah Keluarga).

Al-Shabuni, Muhammad Ali, Al-Tibyan fi Ulum Alquran, (Beirut: ‘Alam al-Kutub, cet. Pertama, 1985 M./1405 H.).

Suma, Muhammad Amin, Studi Ilmu-Ilmu Alquran, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.

Subhi Shalih, Mabahist fi Ulum Alquran, (Beirut: Dar al-Ilm lil Malayin).

Al-Suyuthi, Abdurrahman, Al-Itqan fi Ulum Alquran, (Beirut: Dar al-Fikr, 1996M./1416H.).

Hibban, Imam Ibn Hibban, Shahih Ibn Hibban, (Maktabah Syamilah: Shahih Ibn Hibban, j. 3.).

Imarah, Musthafa Muhammad, Jawahir al-Bukhari wa Syarh al-Qasthalani, (Indonesia: Maktabah Dar Ihya al-Kutub al-‘Arabiyah).

Kamaluddin Nurdin Marjuni, Kamus Syawarifiyyah, (Jakarta: Ciputat Press dan Ma’had Syawarifiyyah), 2007

Muhammad Ma’shum bin Ali, Al-Amstilah al-Tashrifiyah, (Semarang: Pustaka al-Alawiyah).

Muhammad Jamaluddin bin Ahmad, Al-‘Inayah fi al-Qawaid al-Fiqhiyyah, (Jombang: Maktabah al-Muhibbin), 1412 H

Al-Zamzami, Abdul Aziz; Al-Iksir fi Tarjamah Nadzmi Ilmi al-Tafsir, (Semarang: Maktabah Thoha Putra).




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v3i1.3320 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.