Menjadi Dosen Profesional dan Inspiratif

Supriyadi Ahmad

Abstract


Abstract:

Professional and inspirational lecturer become the dream of every academician. Professional lecturer is professional teacher and scientist with the primary task of transforming, developing, and disseminating science, technology, and the arts through education, research, and social community. Professional lecturer must have pedagogic, professional, good personality, and social competence. In order to be inspirative, lecturer must have the sense of never ending learning, competence, sincere, spiritual, total, motivator, creative, inovative, and discipline.

Keyword: Lecturer, Professional, Inspirative.

 

Abstrak:

Dosen profesional dan inspiratif menjadi dambaan setiap insan akademik. Dosen profesional adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen profesional harus mempunyai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Agar menjadi inspiratif, dosen harus mempunyai sifat haus ilmu sehingga terus-menerus belajar, terus belajar, kompeten, ikhlas, spiritualis, totalitas, motivator dan kreatif, pendorong perubahan, dan disiplin.

Kata Kunci: Dosen, Profesional, Inspiratif.

 



References


Aji, Ahmad Mukri. Kontekstualisasi Ijtihad Dalam Diskursus Pemikiran Hukum Islam di Indonesia, Bogor: Pustaka Pena Ilahi, 2010.

Depdikbud dan Balai Pustaka, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Balai Pustaka, 1991.

http://id.wikipedia.org/wiki/Profesi-onal (Diunduh Sabtu, 15 Februari 2014). Lihat pula Professional –The Free Merriam-Webster Dictionary. Merriam-webster.com (2010-08-13).

http://jalanislami.wordpress.com/2012/10/02/profesionalisme-kerja-dalam-islam/ (Diunduh hari Sabtu, 15 Februari 2014).

http://kbbi.web.id/profesional (Diunggah hari Rabu, 26 Februari 2014).

https://www.google.co.id/ search?q=course+design&tbm=isch&imgil, pada hari Rabu, 26 Februari 2014.

Madjid, Nurcholish, “Orientasi Prestasi, Bukan Prestise”, dalam Nurcholish Madjid, Abdul Gafur, dan Abdurrahman Wahid, Dalam Pelita Hat, (Jakarta: Pustaka Kartini, 1989.

Maggalatung, A Salman. "Hubungan Antara Fakta Norma, Moral, Dan Doktrin Hukum Dalam Pertimbangan Putusan Hakim," dalam Jurnal Cita Hukum, Vol. 2, No. 2 (2014).

Maggalatung, A Salman; Yunus, Nur Rohim. Pokok-Pokok Teori Ilmu Negara, Cet-1, Bandung: Fajar Media, 2013.

McKeachie, Wilbert , Teaching Tips : Strategies, Research, and Theory for College and University Teachers, Toronto : D.C. Heath and Company, 1994.

Naim , Ngainun, http://ngainun-naim. blogspot.com /2013/08/ menjadi-guru-inspiratif-memberdayakan.html (Diunduh hari Rabu, 26 Februari 2014).

Saragih, Jef Rudiantho, dipublikasikan dalam http://edukasi.kompasiana.com/ 2013/12/01/dosen-profesional-614635.html (Diunduh hri Jumat, 14 Februari 2014).

Semiawan, Conny, dkk., Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar, Jakarta: Gramedia, 1987.

Suparman, Atwi, Desain Instruksional, Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti Depdikbud, 1997.

Suryana, ”Naskah Akademik Falsafah Dasar Tupoksi Dosen”, http://file.upi.edu/Direktori/FPEB/PRODI._MANAJEMEN_FPEB/196006021986011-SURYANA/FILE_9.pdf (Diunduh Selasa, 22 Oktober 2013)

Syam, Nur, "Standardisasi Dosen Perguruan Tinggi", dalam http://nursyam.sunan-ampel.ac.id




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v3i1.3310 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.