Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis

Rohmatun Aliyah, Moch. Hasyim Fanirin

Abstract


Learning challenges experienced by students can be evident from the occurrence where they do not succeed in obtaining a specified degree of certification for learning outcomes. The number of variables of learning challenges is always connected with the components that assist learning activities. The goal of this study was to determine the challenges faced by grade VI students in Mathematics at Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis. The research method used is qualitative with an empirical normative approach. The results of this study reveal that the sixth grade pupils of Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis still have difficulty in learning mathematics. Among these are issues in understanding the material connected to building space, particularly determining the volume of the building, also related to data processing material (statistics) (statistics). The challenges experienced by many students in the data processing material include learning about the average or calculating the average value and in identifying the median value.

Keywords: Mathematics; Study; Madrasah Ibtidaiyah

 

Abstrak

Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik dapat diketahui dari fenomena dimana mereka tidak berhasil mencapai taraf kualifikasi hasil belajar tertentu. Banyaknya variabel dari kesulitan belajar selalu diidentifikasi dengan faktor-faktor yang menjadi pendukung kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa kelas VI pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan normatif empiris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis masih mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Diantaranya kesulitan dalam memahami materi terkait bangun ruang, yaitu menghitung volume bangun ruang, juga berkaitan dengan materi pengolahan data (statistika). Kesulitan yang banyak dialami peserta didik pada materi pengolahan data tersebut adalah pembelajaran tentang rata-rata atau menghitung nilai rata-rata dan dalam menentukan nilai tengah (median).

Kata Kunci: Matematika; Belajar; Madrasah Ibtidaiyah


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, Hadi. 2019. Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Jati. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sakade, Abdul Rijal. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.

Makmun, A. S. 2012. Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardianto. 2017. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Musanna, A. 2017. Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Rifa'i dan Ani. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNS Press.

Rohmah, N. 2015. Psikologi Pendidikan . Yogyakarta: Kalimedia.

Setiawan, A. A. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Sholichah, A. S. 2018. Teori-teori Pendidikan Dalam Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Islam.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tata Usaha MI Darurrohman Kertanegara Haurgeulis




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i6.28098 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.