IMPLEMENTASI PERUBAHAN BUDAYA (CHANGE OF CULTURE) DALAM MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN ISLAM

Zaenla 'Arifin, Abbas Mansur Tamam

Abstract


Abstrak

Implementasi  manajemen mutu terpadu dengankomitmen yang konsisten secara berkesinambungan, akan memberikan manfaat dalam mencapai kesuksesan bagi semua pemangku kepentingan pada institusipendidikanIslam. Untuk mencapai manfaatdan kesuksesan tersebut harus dilandasi dengan beberapa prinsipmanajemen mutu terpadu yang sudah ditetapkan. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, aktivitas/ pelaksanaan dan evaluasi/controling.  Lembaga pendidikanIslam  sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, pusat penelitian, danpusat pengabdian masyarakat, dalam menghadapi “persaing” untukmenjamin kelangsungan hidup diperlukan perubahan dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan (siswa, mahasiswa dan orang tua). Pendidikan Islam dikatakan bermutu apabila   memiliki nilai lebih (add value) di atas standar minimal yang ditetapkan,  harus memiliki keunggulan danciri khas yang tidak dimiliki oleh yanglainnya. Sistem manajemen mutu terpadu (MMT)yang telah berhasil dimanfaatkan dalam dunia industri dan bisa implementasi dalam dunia pendidikan  yang sering disebut sebagai: Total Quality Management in Education (TQME). Bagaimana implementasi prinsip perubahan budaya MMT dalam pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini menemukan teori baru implementasi perubahan budaya dalam MMT pendidikan Islam, pendidikan adalah perubahan.Metode penelitian kualitataif deskriptif data secunder dari buku-buku dan jurnal pemikiran para ahli sebagai referensi.Hasil penelitian  merumuskan perubahan budaya merupakan keharusan dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan Islam dalamperspektif menejemen mutu terpadu (MMT).

Kata Kunci; Manajemen Mutu Terpadu, Perubahan Budaya (Change Of Culture),

    Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, A. 2015. Manajemen Pendidikan. Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Edisi keempat. Jakarta: Prenadamedia Group

Adnan Sandy Setiawan (200); “Manajemen Perguruan Tinggi Di Tengah Perekonomian Pasar dan Pendidikan Yang Demokratis, INDO News (s)” indonews@indo-news.com. 24 Maret 2006

Asep Kurniawan (2010); Manajemen Pendidikan Islam, Cirebon: CV. Hikmah

Ani M. Hasan (2003); “Pengembangan Profesional Guru di Abad Pengetahuan”, Pendidikan Network : 24 Maret 2006

Ancok, Djamaluddin. 1995. Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. h. 76.

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: Rineka Cipta. h.18.

Departemen agama RI. 2007. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta. CV. Nala Dana.

Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokatis, (Jakarta: Kencana 2004), hal. 37.

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana (1998); Total Quality Management (TQM), Andi Offset : Yogyakarta

Frietz R Tambunan (2004); “Mega Tragedi Pendidikan Nasional”, Kompas : 16 Juni 2004

George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, (Jakarta: Bumi Aksara. 2000), hal. 1.

Hadari Nawawi (2005); Manajemen Strategik, Gadjah Mada Pers : Yogyakarta

Hafidhuddin, D., & Tanjung, H. (2003). Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: GIP

Jacobus Ranjabar, Sistem Sosial Budaya Indonesia; Suatu Pengantar (Bogor : GHalia Indonesia, 2006) 21.

Koentjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993), hal 9.

Moloeng, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Rosda Karya. h. 287.

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam; Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindoPersada. h. 182.

Mullins, Laurie J. (2005). Management and Organisational Behaviour, Seventh Edition, England, Pearson Education Limited.

Poster. 2000. Gerakan Menciptakan Sekolah Unggul. Jakarta: Lembaga Indonesia Aditama. h. 185.

Ramayulis, (2008) Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Randall, Julian. (2004). Managing Change Changing Managers. London, Taylor & Francis e-Library.

Roger M. Keesing, Antropologi Budaya, Suatu Prespektif Kontemporer, Jilid 1, (Jakarta: Erlangga, 1989), hal 68.

Rubini, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 6, Nomor 2, Desember 2017

Sallis. E. 2002. Total Quality Management in Education. Yogyakarta : IRCiSoD. h. 23.

Soemarno Soedarsono, Character Building Membentuk Watak (Mengubah Pemikiran, Sikap, dan Perilaku untuk Membentuk Pribadi Effektif guna Mencapai Sukses Sejati), Jakarta: Gramedia. 2004.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press. 2005.

__________, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Jakarta: Grasindo 2002.

Suryadi Prawirosentono, Filosofi Baru TentangManajemen Mutu Terpadu, (Jakarta, PT.Bumi Aksara. 2002), hal. 12.

Sutarto Hp. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (MMT-TQM) Teori dan Penerapan di Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres

Tafsir, Ahmad. 2004. Metode Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. h. 112.

Tasmuji, Dkk, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, (Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011), 160-165. Lihat pula Jacobus Ranjabar, Sistem Sosial Budaya Indonesia; Suatu Pengantar (Bogor : Ghalia Indonesia, 2006) 20 – 23.

Terry, George R., dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, Jakarta: Bumi Aksara. 2000.

Thomas B. Santoso (2001), “ Manajemen Sekolah di Masa Kini (1)”, Pendidikan Sutarto Hp, Manajemen Mutu Terpadu (MMT-TQM) Teori dan Penerapan di Lembaga Pendidian, Yogyakarta: UNY Press. 2015.

Umi Hanik, Implementasi TQM Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan, Semarang; RaSAIL. 2011. h. 6-8

Zaini, A.A. (2015). Urgensi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ummul Quro, 5(1), 24-37.

Zuhairin, dkk. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995) 17




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i5.27697 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.