Penerapan Media Film Dalam Menulis Narasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara
Abstract
The goal of this study was to enhance fifth-grade students' ability to generate ideas for narrative writing through the use of film media. This qualitative research is conducted by the researcher utilizing a qualitative descriptive methodology. The participants in this study were all class V MI students. Darurrohaman Kertanegara with 26 students. The sampling of all fifth-grade students using the saturated sample technique. The researcher employed observation, interviews, testing, and documentation for data collecting. Before utilizing film media (pretest) received an average of 62.76 results classified as incomplete, and after using film media (posttest) obtained an average of 74.84 results classified as complete. Based on the findings of the research conducted in Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darurrohman Kertangara class V, it can be concluded that film as a medium has a positive impact on students' ability to compose narrative texts.
Keywords: Film Media, Writing Narrative Text
Abstrak
Materi menulis di sekolah sebagai salah satu keterampilan berbahasa Indonesia kurang ditangani sungguh-sungguh, akibatnya kemampuan berbahasa Indonesia siswa menjadi kurang memadai. Pembaruan metode pembelajaran yang setiap saat selalu bervariasi terlihat bahwa dalam proses belajar-mengajar khususnya di Sekolah Dasar masih terdapat guru yang mengajar dengan metode ceramah sebagai metode andalan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil perkembangan menulis narasi siswa kelas V dengan penerapan media film. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pretest dan postest pada siswa kelas V. Bedasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media film Pretest didapatkan hasil rata-rata 62,76 dinyatakan belum tuntas, dan sesudah menggunakan media film, Posttest hasil rata-rata 74,84 dinyatakan tuntas. Dari penemuan yang telah dilakukan peneliti terlihat bahwa media film efektif terhadap kemampuan siswa dalam menulis narasi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darurrohman Kertanegara
Kata Kunci: Media Film, Menulis Narasi.
Full Text:
PDFReferences
Andayani. 2015. Problem dan Aksioma. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF Yogyakarta.
J, Meleong Lexy. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Heru. 2015. Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
Mulyati. 2017. Terampil Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
Rafli, Z. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa . Yogyakarta: Penebit Garudhawacana.
Riyanto, Edi. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Jawa Timur: CV.AE MEDIA GRAFIKA.
Saefuddin Mahmud, dan Muhammad Idham. 2017. Stategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala.
Saifudin Mahmud, d. 2019. Teori Belajar Bahasa. Banda Aeh: Syiah Kuala University Press.
Susanto, A. 2013. Teori dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENAMEDIA GRUP.
Susanto Puji, dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
syarifuddin, A. 2008. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur'an. Depok: Gema Insani.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wicaksono, A. 2014. Menulis Kreatif Sastra Dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.
Yunus Abidin, M. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Zulela. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i5.27534 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.