Model Pembelajaran Magang dalam MBKM Prodi PG-PAUD Universitas Trilogi
Abstract
This study aims to describe the results of the MBKM implementation survey in the PG-PAUD Study Program, Trilogy University. In particular, this study aims to describe the implementation of the internship program carried out in the PG-PAUD Study Program, Trilogy University. Based on the results of a survey conducted in the PG-PAUD Study Program, the highest percentage was in the implementation of the internship/work practice program at 54%. The internship model at MBKM that has been developed in the PG-PAUD study program is Field observation practice or internship 1 in semester 3 (s credits), teaching practice or internship 2 in semester 5 (2 credits), and advanced teaching practice or internship 3 in semester 7 (4 credits). This internship program is in the form of an internship for 6 months and 8 days and is greater than the minimum target of an internship, which is 5 months. In addition, the internship method is carried out in stages and can be done offline or online. During the COVID-19 pandemic, the internship program will continue to be carried out online. In addition, students are also free to choose public and private PAUD schools and PAUD schools that have certain characteristics.
Keywords: Learning model; Internship; Merdeka Learning Merdeka Campus (MBKM)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil survey pelaksanaan MBKM di Program Studi PG-PAUD Universitas Trilogi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program magang yang dilaksanakan di Program Studi PG-PAUD Universitas Trilogi. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan di Program Studi PG-PAUD hasil prosentase tertinggi pada pelaksanaan program magang/praktik kerja sebesar 54%. Model magang pada MBKM yang sudah dikembangkan pada program studi PG-PAUD yaitu Praktek observasi lapangan atau magang 1 pada semester 3 (s sks), Praktik mengajar atau magang 2 pada semester 5 (2 sks) dan praktik mengajar lanjutan atau magang 3 pada semester 7 (4 sks). Program pelaksanaan magang ini berupa magang selama 6 bulan 8 hari dan lebih besar dari target minimal magang yaitu 5 bulan. Selain itu metode magang dilakukan secara bertahap dan bisa dilakukan secara luring maupun daring. Selama pandemic covid 19 program magang tetap dilaksanakan secara daring. Selain itu mahasiswa juga dibebaskan untuk memilih sekolah PAUD Negeri maupun Swasta dan sekolah PAUD yang memiliki ciri khas tertentu.
Keywords: Model pembelajaran; Magang; Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
Full Text:
PDFReferences
W. Anggraini and H. Hudaidah, “Reformasi Pendidikan Menghadapi Tantangan Abad 21,” J. Educ., vol. 3, no. 3, pp. 208–215, Apr. 2021.
A. Susilo and S. Sarkowi, “Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi,” Hist. J. Pendidik dan Peneliti Sej., vol. 2, no. 1, pp. 43–50, Nov. 2018.
N. F. Absor, “Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19,” Chronologia, vol. 2, no. 1, pp. 30–35, Aug. 2020.
M. Idris, S. Tinggi, A. Islam, and N. Manado, “Reformasi Pendidikan Islam di Indonesia,” Marwah J. Perempuan, Agama dan Jender, vol. 12, no. 1, pp. 32–52, Jun. 2013.
N. Siregar, R. Sahirah, and A. A. Harahap, “Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0,” Fitrah J. Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 141–157, Jul. 2020.
Kemendikbud, “Merdeka Belajar - Kampus Merdeka,” 2021. [Online]. Available: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. [Accessed: 27-Dec-2021].
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Buku Saku Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, 1st ed. Jakarta, 2020.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, 1st ed. Jakarta, 2020.
A. Fatah, “Eksplorasi Dukungan Industri Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” in Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 2021, pp. 283–290.
K. A. Stofer et al., “Two-Year College Students Report Multiple Benefits From Participation in an Integrated Geoscience Research, Coursework, and Outreach Internship Program:,” https://doi.org/10.1177/00915521211026682, vol. 49, no. 4, pp. 457–482, Jul. 2021.
M. Saleh, “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19,” in Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 2020, vol. 1, pp. 51–56.
E. Kartini, L. Mimbar, ) Stie, A. Mataram, M. Negeri, and L. B. Emai, “Tantangan dalam Pembelajaran Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi COVID-19,” J. Ilm. Rinjani Media Inf. Ilm. Univ. Gunung Rinjani, vol. 9, no. 2, pp. 43–50, Jul. 2021.
B. S. Baert, B. Neyt, T. Siedler, I. Tobback, and D. Verhaest, “Student internships and employment opportunities after graduation: A field experiment,” Econ. Educ. Rev., vol. 83, p. 102141, Aug. 2021.
R. Lerman, “Do firms benefit from apprenticeship investments?,” IZA World Labor, Oct. 2014.
F. Ekonomi et al., “Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19,” J. Kaji. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 81–92, Jul. 2020.
A. Santosa, “Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19,” Syntax Lit. ; J. Ilm. Indones., vol. 5, no. 11, pp. 1257–1272, Nov. 2020.
A. Muslihat, Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. Jakarta: Bintang Visitama Publisher, 2021.
H. Farouq Ghoer, E. Nani Mulyati, D. Suherman, and D. Fakultas Keguruan dan, “Sekolah Mitra Sebagai Komunikator Pelaksanaan Magang Penguasaan Kompetensi Calon Pendidik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” Gunahumas, vol. 2, no. 1, pp. 248–263, Jan. 2019.
Y. Effrisanti, “Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa,” Eksis J. Ris. Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. 1, Apr. 2015.
A. Alsa, Pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta kombinasinya dalam penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
P. D. Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. bandung: Alfabeta., 2016.
M. Morissan, Metode Penelitian Suvei, 1st ed. Jakarta: Kencana Prenadamedia, 2014.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i3.26319 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.